PELITAKARAWANG.COM-.Tim evakuasi menemukan black box di perairan Tanjung Pakis, Karawang, Jawa Barat, Kamis, 1 November 2018. Kotak berwarna oranye itu ditemukan Sertu Hendra, penyelam dari Batalyon Intai Amfibi TNI AL, di kedalaman sekitar 30 meter.

'Alatnya menimbulkan reaksi, kami mendapatkan black box berwarna oranye,' kata Hendra di perairan Tanjung Pakis, Karawang, Jawa Barat, Kamis, 1 November 2018.

Berdasarkan informasi yang di himpun timdi lokasi, black box saat ini berada di Kapal Baruna Jaya I. Belum bisa dipastikan apakah black box yang ditemukan berupa flight data recorder atau cockpit voice recorder.

Sebanyak 850 personel tim gabungan mencari black box sejak pagi. Ping locater diketahui sejak Rabu, 31 Oktober 2018. Bunyi 'ping' diduga berasal dari kotak hitam tersebut ditangkap pada kedalaman 32 meter dan berasal dari dua objek.

Black box merupakan alat yang mampu merekam audio seluruh kegiatan di dalam pesawat. Audio yang terekam untuk mengetahui menit-menit akhir sebelum pesawat mengalami musibah.