Ayam Ciparage, Si Petarung Yang Jadi Maskot Porpemda 2018

PELITAKARAWANG.COM,- Maskot dalam sebuah acara atau perhelatan menjadi sebuah simbol identitas dan penyemangat. Setiap maskot yang dibuat biasanya mempunyai nama panggilan sesuai dengan karakter dari maskot itu sendiri. 

Sejak ditunjuk menjadi tuan rumah, Karawang pun mulai melakukan berbagai pembenahan dari segi infrastruktur, hingga persiapan untuk event tersebut. Salah satu persiapan yang telah dilakukan sejak jauh-jauh hari adalah juga maskot Porpemda XIV tahun 2018.

Di ajang Pekan Olah Raga Pemerintah Daerah (Porpemda) XIV Tahun 2018 yang dipusatkan di Kabupaten Karawang, Ayam Ciparage dijadikan maskot. 

ini Ayam Ciparage

Ayam Ciparage merupakan varietas ayam petarung lokal terbaik asli Indonesia. Ayam ini berasal dari kampung Ciparage, Desa Cilamaya, Kabupaten Karawang. Ayam Ciparage memiliki sosok yang gagah.

Konon ayam Ciparage adalah keturunan dari ayam milik adipati Singaperbangsa yang melegenda. 

Ayam ini memiliki gaya bertarung yang cepat seperti ayam Birma. Pukulan tajinya akurat dan bertubi-tubi mengarah ke kepala dan leher lawan. Gaya bertarung seperti ini sangat "mematikan" bagi lawan yang ukuran tubuhnya sama. Bahkan, ayam Ciparage seringkali mampu mengalahkan lawan yang lebih besar.

Ayam laga legendaris ini mencerminkan Kabupaten Karawang sebagai daerah yang penuh akan nilai historis bagi tegak dan kokohnya NKRI. Sedangkan sifat petarung melambangkan sifat masyarakat Kabupaten Karawang yang gigih dalam berusaha dan berupaya mewujudkan kesejahteraan, kemakmuran dan daya saing daerah dalam kerangka NKRI.

Posting Komentar