Bupati Karawang Keluarkan Surat Edaran Pelarangan Pemberlakuan Calistung Di Setingkat PAUD

PELITAKARAWANG.COM-Berita sebelumnya menyebutkan untuk kabar maraknya pengelola PAUD yang menerapkan sistem pembelajaran Calistung untuk anak usia dini di Kabupaten Karawang membuat Bupati tercengang dan Hj Cellica Nurrchadiana menyebutkan,Pemkab akan segera berkoordinasi dengan pihak Disdikpora dan Bagian Hukum Setda sebagai bentuk tindaklanjut permasalahan.(24/8/2018).

Insya Allah dalam waktu dekat bakal diundang pihak Disdikpora dan Bagian Hukum Setda Pemkab Karawang,ucap Bupati Cellica Nurrchadiana saat dikonpirmasi maraknya pengelola PAUD memberlalukan sistem pembelajaran Calistung.

Dan pastinya kita akan melakukan kaji terlebih dahulu secara mendalam juga matang dengan pihak-pihak terkait lainnya untuk mengetahui sejauhmana bahayanya atau akibat buruk dari berkembangan pemberlakukan sistem Calistung di PAUD atau TK , bilamana memang harus secepatnya dibuatkan Perbup larangan pemberlakuannya sistem Calistung di PAUD.Itu bakal kita tempuh secepatnya demi penyelamatan anak-anak usia dini dari dampak yang ditimbulkan,jelas Bunda PAUD Karawang ini.

Kami akui saat ini sangat diperlukan kajian-kajian lebih lanjut bidang pendidikan secara global termasuk diantarnya pemberlakukan sistem pembelajaran Calistung di tingkat PAUD oleh pengelolanya,tegas Hj Cellica Nurrchadiana.

Dan manakala penerapan sistem Calistung di PAUD sangat membahayakan untuk masa depan anak apalagi bisa berdampak penyakit dikemudian hari yang kurang bagus bagi anak ,demi penyelematan generasi penerus maka dimungkinkan sebagai tahap awal pihak Disdikpora melalui Kadisdikpora Karawang akan diperintahkan membuat surat edaran untuk larangan bagi setiap pengelola PAUD menerapkan sistem pembelajaran Calistung dan selanjutnya secara permanen Pemkab Karawang akan tertibkan Perbup Larangan yang dimaksudkan,tandas Hj.Cellica Nurrhadianan.

Dan ucapan Bupati Karawang yang disampaikanya pada bulan Agustus 2018 lalu,kali ini dibuktikannya dengan resmi Bupati mengeluarlan Surat Edaran Larangan Pemberlakukan Calisting ditingkat PUAD di Karawang.(1/11/2018).

Berikut adalah surat edaran yang dimaksudkan dan tertanggal 31 Oktober 2018.

Sebelumnya melalui Juhdiana ,S.Pd Kasi PUAD Dikmas Disdikpora Kabupaten Karawang mengutarakan,bahwa pihaknya tidak akan segan-segan mencabut izin operasional bagi PAUD yang masih menerapkan sistem pembelajaran Calistung.Karena menurutnya, sistem yang diberlakukan oleh sejumlah pengelola PAUD di Karawang adalah salah karena bertentangan dengan Pemerdikbud nomor 137 Tahun 2014 dan bisa berdampak buruk kepada anak dikemudian hari bila dibiarkan.

Selain sistem pemberlakuan tersebut telah melanggar Permendikbud Nomor 137 Tahun 2014,dan sangat dimungkinkan bisa berdampak negative kepada masa depan anak. PAUD seharusnya memggunakan sistem penerapan bermain dan sosialisasi anak dengan teman-teman sebayanya bukan menjadikann sistem pembelajaran seperti sekarang yang diajarkan cara menulis,membaca dan berhitung,bila itu diteruskan oleh pengelola PAUD akan berdampak kurang bagus untuk kesehatan anak dan untuk mereka para pelaku sistem Calistung di PAUD bisa dianggap telah memperkosa hak -hak anak dan merusak masa keemasan anak oleh pengelola PAUD,tandas Juhdiana Kasi PAUD Dikmas Disdikpora Karawang.

Posting Komentar