Cek Kelulusan Peserta SKB Disini!!!

PELITAKARAWANG.COM- Nama-nama peserta seleksi kompetensi bidang (SKB) di luar yang lulus passing grade akan diumumkan di website SSCN (sistem seleksi CPNS nasional) dan instansi masing-masing. Saat ini proses validasi data antara Panselnas dan Pansel Instansi sedang dirampungkan.,"terang Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana, Senin (26/11).

Dia pun meminta seluruh SDM baik dari Panselnas maupun Pansel Instansi untuk segera menyiapkan diri menghadapi proses SKB. Kesiapan SKB meliputi SDM dan infrastruktur CAT.

SKB CPNS 2018 rencananya akan digelar awal Desember 2018 ini. Dalam pelaksanaan SKB tersebut, Panitia Seleksi CPNS Daerah diwajibkan menggunakan metode CAT BKN.

Adapun titik lokasi yang akan digunakan di antaranya station CAT pada Kantor BKN Pusat dan seluruh station CAT yang berada pada Kantor Regional dan Unit Pelaksana Teknis BKN di daerah karena dianggap sudah siap secara matang.

Selain itu untuk mempermudah peserta SKB mengikuti seleksi, tengah dijajaki kemungkinan hadirnya titik lokasi tes di luar ibu kota provinsi. Titik lokasi SKB mandiri juga harus segera dipersiapkan.

Data Pusat Pengembangan Sistem Rekrutmen (PPSR) menyebutkan hingga Sabtu (24/11) rekonsiliasi hasil SKD dari 36 K/L dan 381 Instansi daerah telah diselesaikan.

Sebelumnya kabar jadwal pelaksanaan SKB (seleksi kompetensi bidang) tes CPNS 2018 semula akan digelar pada 22 – 28 November. Ternyata jadwal itu molor. Badan Kepegawaian Negara (BKN) memperkirakan SKB baru bisa digelar awal Desember.

Kepala BKN Bima Haria Wibisana menuturkan pelaksanaan SKB untuk formasi instansi pemerintah daerah (pemda) seluruhnya menggunakan tes tulis berbasis komputer. Sedangkan SKB di instansi pemerintah pusat beragam. Ada yang tes tulis berbasis komputer, wawancara, hingga kesamaptaan.

Bima mengaatkan pelaksanaan ujian SKB di instansi pemda, dilaksanaan dengan menggunakan komputer ujian nasional berbasis computer (UNBK) di sekolah. Selain itu menggunakan fasilitas computer assisted test (CAT) milik BKN di kantor pusat maupun di daerah.

’’Rencananya (ujian SKB, Red) yang pakai fasilitas UNBK (dimulai, Red) tanggal 1 atau 2 Desember,’’ jelasnya. Kemudian untuk ujian SKB yang menggunakan komputer CAT milik BKN dilaksanakan mulai 4 Desember.

BKN menyebutkan pelaksanaan SKB kemungkinan berlangsung sekitar satu minggu. Sebab pelamar yang mengikuti SKB tidak sebanyak peserta SKD. Secara teori peserta yang lolos SKB adalah tiga kali formasi. Tetapi peserta SKB bakal jauh lebih sedikit, karena yang banyak yang mendapatkan nilai rendah.

Bima menuturkan pelaksanaan SKD yang menggunakan fasilitas UNBK sengaja didahulukan. Sebab mendekati akhir tahun, siswa tingkat akhir di SMA dan SMP sudah mulai bersiap mengikuti sejumlah ujian.

Dia tidak ingin kegiatan ujian SKB yang menggunakan fasilitas komputer sekolah, menganggu kegiatan ujian siswa.

BKN berharap meskipun pelaksanaan SKB mundur dari jadwal sebelumnya, tidak memengaruhi seluruh rangkaian rekrutmen CPNS 2018. Bima menjelaskan rekrutmen CPNS 2018 tetap ditargetkan tuntas 2018. Sebab terakti dengan penggunaan anggaran.

Dilain tempat, Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi bersikap bijak dalam menyikapi banyaknya formasi CPNS 2018 yang kosong karena hanya sedikit yang lolos passing grade SKD (seleksi kompetensi dasar).

Diketahui, dari 3 ribuan peserta seleksi kompetensi dasar (SKD) CPNS Balikpapan, hanya 141 peserta yang lolos passing grade. Padahal, Balikpapan mendapatkan jatah 189 orang penerimaan PNS baru tahun ini. Paling banyak tenaga kependidikan atau guru yang tak terisi karena semua pelamarnya tak lolos passing grade.

“Kurang didengar aspirasi daerah. Kita kepala daerah terutama Apeksi, Asosiasi Pemerintah Kota, itu memintanya ada yang seleksinya diserahkan ke pemerintah daerah. Supaya juga kearifan lokalnya tetap terjaga penerimaan CPNS-nya,” ujarnya. Padahal kata Rizal, usulan itu telah dia sampaikan bersama kepala daerah lainnya.

Dia pun meminta presiden agar mendengar masukkan dari kepala daerah, sehingga ada kebijakan khusus dalam penerapan passing grade dalam seleksi CPNS.

“Seperti ini kan, tidak ada kearifan lokalnya. Karena semua dilakukan secara nasional. Kita lagi membahas, kita meminta kepada pemerintah pusat, presiden itu mendengarkan kearifan lokal, potensi lokalnya juga,” ujarnya.

Menurutnya, dengan passing grade seperti ini tujuannya memang kualitas. Tapi imbasnya banyak formasi yang kemudian tak terisi. 

Lalu kapan pengumuman peserta SKB ,banyak pihak menduga-duga waktu pengumuman diperkirakan antara tanggal 29 sampai 30 November.(27/11/2018).

Posting Komentar