Dana Desa Tahap Tiga Wajib Cair Sebelum Kades Baru Dilantik

PELITAKARAWANG.COM - Enggan berabe ganti spesimen, ajuan ulang dan Kades baru yang akan dilantik 14 Desember mendatang, Pemerintah Kecamatan Lemahabang mewanti-wanti agar Dana Desa tahap 3 yang sedang proses pengajuan, harus bisa cair sebelum SK pelantikan tersebut turun.

Maman Jayusman, Kasie Ekonomi dan Pembangunan (Ekbang) Kecamatan Lemahabang mengatakan, empat desa yang menggelar Pilkades, dana desa tahap 3 baru proses pengajuan. Ia belum hapal betul, kapan pencairannya, apakah sebelum kades baru di Lantik, atau sesudah pelantikan dengan Kades barunya. 

Tapi, melihat kerumitan, sebutnya, diharapkan memang pencairan DD tahap 3 itu adalah sebelum pelantikan kades baru 14 Desember mendatang, karena yang mengajukan adalah kades lama dengan spesimen dan tandatangan kades lama, sebab, kalau cair setelah pelantikan Kades baru, bisa dibayangkan kerumitannya, dimana spesimen baru harus dibuat lagi, tandatangan kades yang baru harus ganti lagi , bahkan, ia khawatirkan ajuan tahap 3 juga diulang lagi, masih untung kalau ada luncuran ketahun berikutnya, tapi kalau Januari hangus, pembangunan terancam mandek. "Kita masih menunggu petunjuk teknis, tapi kita harapkan sih sebelum pelantikan sudah cair ya," Katanya.

Camat Lemahabang, H Hamdani MM mengatakan, 4 Desa yang Pilkades kemarin, ia desak agar bisa cairkan Dana Desa tahap 3 sebelum pelantikan kades baru. Itu demi memudahkan administrasi dan pelaporannya, sehingga Kades baru sudah bisa melanjutkan tugas tanpa PR dari Kades lama. Kecuali untuk Dana Bagi Hasil (DBH), mungkin bisa cair oleh kades baru, karena memang pencairan DBH itu biasa diakhir tahun dan memungkinkan ada luncuran ke tahun berikutnya. Lain halnya dengan Dana Desa, selain anggaran dari pusat, ia balik bingung kalau harus mengulang ajuan oleh kades baru, sebab sejumlah dokumen, perangkat dan spesimennya sudah berganti. Walaupun demikian, ajuan dari 4 desa tersebut, seperti Lemahabang, Lemahmukti, Pulokalapa dan Pulojaya sudah di proses dan diharapkan akhir bulan ini atau awal Desember dana desa tahap 3 sudah bisa cair dan di realisasikan. " Kita arahkan dana desa tahap 3 ini bisa cair sebelum pelantikan," Pungkasnya .
Diberdayakan oleh Blogger.