PELITAKARAWANG.COM-.Pemerintah pusat mengurangi anggaran untuk penanganan Sungai Citarum pada 2019 nanti. Pasalnya pemerintah pusat hanya menganggarkan dana sebesar Rp700 miliar untuk penanganan Sungai Citarum tahun depan.
Menurut Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (Emil), pemerintah pusat tidak mengucurkan dana Rp1 triliun untuk penanganan Sungai Citarum pada 2019 nanti. Jumlah itu berkurang sebesar Rp300 miliar dibandingkan pada 2018 ini.
"Anggaran pusat enggak Rp1 triliun, jadi Rp700 miliar. Iya (dikurangi) ternyata tidak sesuai yang saya kira," kata Emil.
Namun Emil mengaku tidak mengetahui secara detail bagian yang dipangkas dalam penanganan Sungai Citarum. Pasalnya anggaran tersebut murni dari pemerintah pusat tanpa melibatkan pemerindah daerah.
"Saya enggak hapal, karena itu anggarannya bukan anggaran yang diketahui secara detail oleh kita. Itu lintas lembaga, nanyanya harus ke Menteri," sambungnya.
Akan tetapi Emil memastikan anggaran tersebut berbeda dengan yang diusulkan oleh Pemprov Jabar untuk penanganan Citarum pada 2019 nanti. Pasalnya Pemprov Jabar mengusulkan anggaran sebesar Rp600 miliar yang akan dikelola langsung bersama TNI di Jabar.
"Untuk Citarum. Kita meminta dana sampai Rp600 miliar. Setengahnya untuk TNI, setengahnya untuk pembelian danau retensi, pembelian backhoe, mesin sampah, dan pengelolaan sampah," tegas Emil.