Ini Alasan Pasti Kenapa Bupati Indramayu Dari Jabatannya

PELITAKARAWAMG.COM-.Anna Sophana mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Bupati Indramayu, Jawa Barat. DPRD Indramayu tengah membahas pengajuan tersebut.

Anggota DPRD Indramayu Mujani Nuor mengatakan Dewan menerima surat tersebut kemarin. Menurut Nuor, pengajuan Anna merupakan haknya sebagai warga negara.

'Siapapun berhak untuk mengundurkan diri dari jabatannya,' ujar Nuor di Indramayu, Selasa, 6 November 2018.

Anna, lanjut Nuor, mengatakan ingin fokus mengurusi keluarga dan orang tua. Dewan menilai alasan itu wajar. Apalagi, Anna merupakan anak sulung, kewajibannya paling tinggi.

'Apalagi orang tuanya juga memang sedang sakit-sakitan,” kata Mujani.

Kabar Anna itu membuat warga Indramayu kaget. Sebagian warga menilai pengajuan istri Irianto Syafiuddin alias Yance itu tergesa-gesa.

Dicky, warga Cikedung Indramayu, mengaku sudah mendapat kabar tersebut. Ia bingung untuk berkomentar.

'Saya juga kaget, bingung mau komentar apa. Tapi semoga itu pilihan yang terbaik untuk Indramayu,” kata Dicky.

Anna menjabat sebagai Bupati Indramayu sejak 2010. Pada pemilihan kepala daerah 2015, Anna menang bersama pasangannya, Supendi. Masa tugas Anna seharusnya berakhir pada 2020.

Sebelumnya dikabarkan Bupati Indramayu Anna Sophanah mengajukan surat pengunduran diri dari jabatannya ke Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Emil pun mengaku telah menerima surat itu langsung berkoordinasi dengan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

'Sudah terima (surat pengunduran diri). Memang namanya orang mengundurkan diri artinya sudah merasa tidak memungkinkan berada di posisi itu,' ujar Emil saat ditemui di gedung Landmark, Jalan Braga, Kota Bandung, Selasa 6 November 2018.

Emil mengaku, akan segera berkoordinasi dengan Kemendagri dan partai koalisi pendukung Anna untuk menentukan mengisi posisi Bupati Indramayu. Wakil Bupati Indramayu Supendi pun akan naik menjadi Bupati menggantikan Anna.

'Jadi saya kira nanti di follow up, wakilnya yang akan menggantikan, dan meminta koalisi sebelumnya untuk memilihkan pendamping,' sambung Emil.

Emil mengaku alasan Anna mundur dari jabatan sebagai bupati bukan urusan kedinasan tapi karena alasan keluarga. Emil pun tidak bisa menahan keinginan Anna untuk melepaskan jabatannya meski masih tersisa sekitar lebih dari dua tahun.

'Lebih banyak ke alasan keluarga, jadi bukan urusan kedinasan, lebih ingin mengurusi keluarga di sisa waktunya yang mungkin selama ini terkendala karena kedinasannya luar biasa,' ungkapnya.

Emil kini tengah menunggu instruksi dari Kemendagri untuk melantik bupati pengganti Anna di Indramayu. Pasalnya Emil pun tak memiliki kewenangan untuk memutuskan pengganti Anna.

'Gubernur itu tidak pengambil keputusan, pengambil keputusan itu kemendagri,' tegasnya.

Posting Komentar