Kalah Menang, Kades Lama Wajib Ngantor Sebulan Lagi

PELITAKARAWANG.COM - Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) rampung digelar Minggu (11/11). Para Kepala Desa petahana yang nyalon Kades, mulai di cabut masa cutinya pertanggal 19 November mendatang. Kalah dan menang, Kades lama, wajib menuntaskan tugasnya sebagai pimpinan pemerintah desa sampai dengan dilantiknya Kades yang baru dilantik 14 Desember mendatang.

Kasie Pemerintahan Kecamatan Cilamaya Wetan, H Nurhasan mengatakan, masa cuti kades setelah mengikuti hajat Pilkades, akan berakhir Minggu ini. Kalah atau menang, kades lama wajib ngantor menuntaskan berbagai pekerjaannya yang sempat tertunda karena Pilkades, utamanya laporan pertanggungjawaban yang sudah di cairkan ke desa, termasuk kewajiban pembayaran pajaknya, serta melanjutkan pelayanan yang optimal dalam jangka waktu sebulan kedepan dan yang terpentingnya sebut Nurhasan, adalah memohon maaf kepada seluruh masyarakatnya, jika Kades tersebut kalah dalam pemilihan tahun ini. " Sekarang ya mungkin masih pada lelah, tapi tetap wajib ngantor sebulan kedepan mah, " Pesannya.

Juanda Syafari, Kasie Pemerintahan Kecamatan Lemahabang mengatakan, Kades tetap jadi pimpinan pemerintahan desa sampai dengan waktu pelantikan nanti.Kalah menang, bukan jadi hambatan bagi kades yang menyisakan jabatan sebulan lagi untuk ngantor, memberikan  lpelayanan,pertanggungjawaban dan ikut rapat-rapat kecamatan dan Kabupaten. 

Dirinya meminta, Kades yang kalah, tetap dewasa sikapi realita Pilkades, dimana melepas jabatan nanti, juga disambut baik oleh kades yang baru. Sehingga, keberlangsungan Pemerintahan tidak ada yang terputus-putus.

"Ya sampai dilantik nanti kades lama masih ada kewajiban sebulan menjabat seperti biasa," Katanya.

Camat Lemahabang, H Hamdani S.Ip mengatakan, masa cuti Kades  erakhir pertanggal 19 November dan berakhir pada 14 Desember saat Kades baru dilantik. Usai Pilkades, ia meminta para perangkat dan Kades tuntaskan sejumlah agenda dan program sebelum masanya berakhir, seperti Dana Desa tahap 3, Dana Bagi Hasil (DBH) baik ajuan dan pertanggungjawaban, termasuk laporan hasil Pilkades kemarin yang harus segera beres ke meja Pemda. "Mulai kerja normal lagi 19 November sampai 14 Desember, kita harap kades lama tuntaskan PR yang ada sebelum menanggalkan jabatannya," Katanya.

Jangan ada sebutnya, Kades lama membebankan banyak warisan negatif pada kades barunya , utamanya urusan pajak, laporan dan pertanggungjawaban. Jika masih ada temuan dari inspektorat, diharapkan bisa segera dipenuhi, ini sebutnya, bukan berlaku pada Kades yang kalah saja, tapi bagi kades yang kembali terpilih juga sama, agar start awal menjabat kades kedepan bisa mulus dan lancar tanpa beban. " Kades lama harus dukung program kerja dan persiapan pergantiannya," Katanya.

Tidak ada komentar