Kontrasepsi MOW Bikin Emak-Emak Unlimited

PELITAKARAWANG.COM -   Metode Operasi Wanita (MOW) atau dikenal dengan kontrasepsi sterill buat emak-emak bukan harga yang murah. Pasalnya, tanpa program dari Dinas Pengendalian Pendidikan dan Keluarga Berencana (DPPKB), kontrasepsi yang mengikat sel telur dengan tali khusus ini menelan biaya Rp15 jutaan. Namun, bagi kaum hawa yang masuk program MOW ke DPPKB dan UPTD PPKB Kecamatan, disubsidi langsung oleh biaya Pemerintah dengan syarat tertentu. Bahkan, selain efektif, kontrasepsi MOW ini berlaku seumur hidup atau unlimited.

Penyuluh UPTD PPKB Kecamatan Lemahabang, Siti Aisyah mengatakan, dibanding suntik, pil dan kontrasepsi lain, program MOW ini sangat efektif, khususnya bagi emak-emak yang sudah memiliki anak 3, disetujui suami dan tidak memiliki riwayat penyakit berat. Tentu saja, bagi ibu-ibu yang ingin mencukupkan anak dan tidak mau menambah lagi, atau ingin lebih fleksibel dibanding suntik yang berlaku setiap bulan, atau Pil KB yang harus setiap hari diminum. Pasalnya, MOW dengan cara operasi di bawah pusar ini mengikat sel telur tanpa efek samping, bahkan berlaku seumur hidup atau unlimited. Lain halnya dengan IUD atau implan yang ada berjenjangnya harus di angkat kembali, tapi MOW ini berlaku jangka panjang. Betapapun hendak di cabut misalnya, bisa saja, namun sel telur yang di ikat dengan program MOW ini akan layu dan beresiko jika dipaksakan di cabut, sebab belum menjamin pengguna MOW yang alatnya kemudian di cabut, bisa memiliki anak lagi. " Mow ini kontrasepsi jangka panjang, bahkan unlimited seumur hidup, tentu sasarannya harus memenuhi kriteria tertentu," Katanya.

Aisyah menambahkan,di Kecamatan Lemahabang, ada sasaran 13 orang dan baru terjaring 11 ibu-ibu yang mau ikut program MOW dengan lokasi operasi di RS Lira Lamaran. Kalaupun lebihi target atau over load, itu malah lebih bagus, karena kalau menggunakan kontrasepsi MOW ini secara mandiri ke Rumah Sakit, biayanya sampai Rp 15 jutaan. Oleh karenanya, yang ingin kontrasepsi MOW ini masih bisa daftar ke UPTD KB, dengan catatan, anaknya sudah 3, diberi izin suami tertulis dan tidak memiliki riwayat penyakit berat. " Kalau ke Rumah Sakit mandiri saja, itu biayanya Rp15 juta, tapi MOW ke kita dan difasilitasi, tinggal siapnya saja, karena program kami gratis," Katanya.

Bagi ibu-ibu yang sudah menerapkan kontrasepsi MOW ini, sambung Ai, sudah tidak perlu lagi media KB lainnya, karena MOW sudah berlaku seumur hidup. Bayangkan dengan kontrasepsi Suntik atau pil, selain ada efek samping, setiap bulan harus siap keluar biaya. Itu, boleh-boleh saja, kalau seandainya anak belum cukup dan memberi peluang agar bisa hamil lagi. " Kalau sudah MOW, gak perlu ikut program KB lagi," Pungkasnya.
Posting Komentar