Liburan Saat Pilkades, Bupati Surati Perusahaan

PELITAKARAWANG.COM - Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Karawang, akan di gelar pada Minggu 11 November nanti. Walaupun jatuh di hari libur, namun Bupati Karawang membuat surat edaran bagi Perusahaan Swasta, BUMN, BUMD, OPD dan instansi lainnya untuk meliburkan para karyawan dihari H pencoblosan Pilkades di 67 Desa tersebut, utamanya yang menerapkan sistem lembur.

Kasie Tata Kelola Pemerintahan DPMPD Karawang Andry Irawan mengatakan, pertanggal 31 Oktober , Bupati sudah membuat edaran dengan Nomor 141.1/6934/DPMPD tentang pemberian izin tidak masuk kerja dalam rangka pemungutan suara Pilkades, Gelombang 3 di Karawang yang akan diselenggarakan pada 11 November nanti. Walaupun jatuh dihari Minggu, tetapi Pemkab mendorong agar setiap perusahaan dan instansi tidak menerapkan sistem lembur di hari H pencoblosan tersebut. 

Ini penting, agar partisipasi pemilih dalam Pilkades di 67 desa ini meningkat dan cukup tinggi, sehingga hasilnya bisa diterima desa-desa Penyelenggara Pilkades. " Sudah ada edarannya, nanti diteruskan ke sejumlah pihak yang dituju, seperti perusahaan maupun OPD," Katanya.

Kadisnaker Suroto mengaku pihaknya sudah menerima edaran Bupati tersebut kaitan libur Pilkades. Pihaknya juga sudah meneruskan informasi itu ke semua perusahaan. Kebetulan, pelaksanaan Pilkades itu di hari minggu yang juga jatuh di hari libur,  sehingga perusahaan sebenarnya juga libur, kecuali bagi perusahaan yang mempekerjakan hari minggu masuk kategori over time atau lembur, maka lembur pada hari minggu sifatnya pilihan bagi pekerja, artinya tidak lembur juga boleh libur. " Kebetulan kan hari Minggu, jadi yang dituju perusahaan yang lembur saja,"  Katanya.
Posting Komentar