Mau Cair, Awasi Dana Pilkades

PELITAKARAWANG.COM - H- 10  hari pencoblosan, Dana Pilkades baru nongol.  Setelah menempuh evaluasi dari Gubernur, Dana yang akan mengguyur 67 desa tersebut, diperkirakan cair Senin lusa. Mengantisipasi pemotongan, jatah dan pemungutan liar, dana yang akan di kelola para panitia Pilkades tersebut, diminta pengawasan distribusinya. 

Kasie Pemerintahan Kecamatan Lemahabang, Juanda Syafari mengatakan, hasil uji verifikasi data proposal bantuan keuangan Pilkades oleh DPMPD untuk 4 Desa di Lemahabang, hasilnya sudah lolos dan sempurna. 

Secepatnya, DPMPD yang langsung mengajukan ke DPKAD, diperkirakan anggarannya cair antara Jumat atau Senin lusa satu tahap langsung ke rekening desa. 

Jelang cairnya anggaran ini, sebut Juanda, para panitia di wanti-wanti harus bisa menyesuaikan dengan Juknis peruntukan pelaksanaan pilkades yang sejalan dengan pagu anggaran dan Rancangan Anggaran Biaya (RAB)." Lemahabang sudah lolos uji, tinggal menunggu pencairan secepatnya," katanya.

Jangan lupa sambung Juanda, paska dan cair, segera persiapkan Surat Pertanggung Jawaban (SPJ) dan bayar pajaknya. Ia yakin, dana yang turun itu cukup untuk mengcover dana operasional Pilkades hingga honorarium panitia yang sudah bekerja 3 bulanan terakhir. Kalaupun ada kekurangan dana diluar dana Pilkades ini, Pihaknya tetap arahkan agar panitia berpedoman pada Perbup 57 Tahun 2018 Tentang Pilkades dimana Pemakaiannya cukup." Untuk Anggaran Kepanitian dari Bantuan Pemda Insya Allah Cukup, gak usah dari yang lain-lain," Katanya. 

Sementara itu, Kasie Pemerintahan Kecamatan Cilamaya Wetan, Nurhasan Al Farisi mengatakan, soal pencairan, dirinya tidak tahu pasti kapan anggaran tersebut turun, yang jelas dana tersebut sudah terparkir di DPKAD dan Kamis ini, DPMPD berencana langsung mengajukan. Untuk itu, bagi panitia agar siap-siap saja untuk memilah kebutuhan prioritas, utamanya hutang bon surat suara ke percetakan ." Panitia kan banyak hutang ke percetakan, jadi kalau turun prioritaskan pembayaran," Katanya.

Kepala DPMPD Karawang, Ade Sudiana mengatakan, pencairan dana Pilkades sampai Kamis sore baru usulan saja yang masuk,  nanti pencairan di upayakan secepatnya karena masih menunggu usulan dari desa. Sebenarnya, sejak Selasa kemarin ia menunggu usulan tersebut, tapi masih saja ada yang belum mengusulkan karena perlu perbaikan, itu jumlahnya mencapai 20 desa dari 67 desa yang Pilkades. " Sejak Selasa kita tunggu usulannya, tapi sampai Kamis ini tinggal 20 desa lagi, insya Allah pencairan di upayakan DPKAD secepatnya, " Ungkap Ade.
Posting Komentar