PELITAKARAWANG.COM-.Tim Panselnas CPNS 2018 sedang menyiapkan solusi terhadap sedikitnya peserta CPNS yang lulus SKD. Berbagai opsi sudah dibahas, tinggal diputuskan.

Kepala Biro Hubungan Masyarakat Badan Kepegawaian Negara (BKN) Mohammad Ridwan mengatakan, solusinya akan diputuskan minggu ini. Hal itu karena ujian SKD akan berakhir di 17 November, dan 18 November hasil kelulusan seluruh instansi sudah mesti dilaporkan.

"Nggak ada target, yang penting kalau yang diberikan ke BKN kan 18 November itu harus sudah ada pengumuman siapa yang lulus ke SKB (seleksi kompetensi bidang). Dengantime frame seperti itu, mudah mudahan dalam minggu minggu ini akan keluar apapun pengumumannya," katanya.

Hingga kini, rapat untuk mencarikan jalan keluar soal banyaknya peserta yang tidak lulus SKD pun terus dibahas.

"Kan dari minggu lalu Panselnas sudah rapat. Sampai jam 1 (hari ini) juga masih rapat bagaimana untuk mengatasi hal ini. Ya nanti ditunggu saja hasilnya apa. Yang penting semua opsi sudah dibicarakan dari semua stakeholder yang ada. Mudah mudahan nanti ada hasil yang terbaik," ujarnya.

Opsi yang sudah dibahas di antaranya, menurunkan nilai kelulusan atau passing grade, menerapkan sistem kelulusan berdasarkan peringkat nilai atau ranking, dan mengulang ujian sebagai opsi terakhir.

Namun, bisa saja opsi-opsi tersebut akhirnya tidak diterapkan. Artinya prosesi rekrutmen CPNS tetap berjalan seperti apa adanya.

"Bisa saja nanti keputusan Panselnas tidak berubah, bisa saja. Jadi semua opsi masih mungkin untuk dilaksanakan dan dielaborasi lebih lanjut," tambahnya.