SDN Rengasdengklok Selatan 2 Peringati OCD

PELITAKARAWANG.COM - Peringati Outdoor Classroom Day (OCD) yang dicanangkan pemerintah pada tanggal 1 November mulai tahun 2018 ini, SDN Rengasdengklok Selatan 2 Kecamatan Rengasdengklok lakukan Kegiatan Belajar Mengajar tak seperti biasanya.

Di hari ini kegiatan para siswa harus steril dari pengaruh luar, seperti orangtua murid yang biasa mengantar serta para pedagang jajanan yang biasanya ada si dalam lingkungan sekolah, dan kegiatan hari ini murni dilakukan di luar ruang kelas, hal tersebut dikatakan oleh Kepala SDN Rengasdengklok Selatan 2, Subaekah. 

"Atau Hari Ramah Sekolah, sejak pagi pukul 6.00 WIB, para guru menyambut kedatangan para murid dan melarang para orangtua untuk masuk ke lingkungan sekolah begitu juga dengan para pedagang di hari ini kita larang sementara untuk berjualan di sekitar sekolah," jelas Subaekah kepada PEKA, Kamis (1/11) di ruang kerjanya. 

Masih menurut Subaekah, sebelumnya pihak Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Karawang telah mensosialisasikan pencanangan Hari Ramah Sekolah tersebut dengan memanggil seluruh kepala SD di Kabupaten Karawang. 

"Jadi dalam sosialisasi tersebut, pada hari ini siswa harus benar-benar melakukan kegiatan Outdoor learning dan tanpa gangguan dari luar, diawali penyambutan kedatangan siswa oleh para guru, menyanyikan lagu Indonesia Raya (3 stanza), makan bersama, memeriksa lingkungan sekolah dari barang berbahaya, membaca buku di luar ruangan, dan sebagainya yang akhirnya ditutup dengan menyanyikan lagu Maju tak Gentar bersama," papar Subaekah. 

Dirinya pun berharap dengan kegiatan tersebut dapat membantu pembentukan karakter terhadap para siswa, karena melalui kegiatan tersebut tercipta hubungan yang tak biasa antara para siswa dan para guru. 

"Bahkan ada usulan dari guru untuk melakukan kegiatan serupa setiap bulannya. Karena hari ini hanya ada siswa dan guru di lingkungan sekolah,  ini sangat berbeda dengan hari biasanya," 

Di tempat berbeda, Koordinator Wilayah Bidang Pendidikan Kecamatan (Korwilbiddikcam) Rengasdengklok, Rusta Anzela membenarkan bahwa pada hari ini, 1 November 2018 adalah awal pencanangan Outdoor Classroom Day yang diinstriluksikan oleh Disdik Kabupaten Karawang. 

"Sudah disosialisasikan dan hari ini seluruh SD di kecamatan Rengasdengklok melakukan kegiatan luar ruangan. ya intinya pendidikan luar ruangan yang mungkin dapat menghilangkan kejenuhan para siswa dan juga guru, " pungkasnya.
Posting Komentar