Sudah Didapati FDR Pesawat JT 610

PELITAKARAWANG.COM-.Pencarian korban dan bagian pesawat Lion Air JT-610 pada hari ke empat, Tim SAR gabungan menemukan Flight Data Recorder (FDR) yang merupakan bagian dari black box, Kamis (1/11) pukul 10.00 WIB. 

Setelah diterima dari tim Basarnas oleh Kepala KNKT, Surdjanto Tjahtjono, Secara terpisah di JITC 2 Tanjung Priok, Jakarta. Surdjanto mengungkapkan, bahwa penemuan black box hari ini belum cukup untuk melakukan investigasi, pasalnya Tim hanya menemukan FDR tanpa disertai Cokpit Voice Recorder (CVR) yang berisi percakapan terakhir pilot sebelum pesawat Lion Air JT 610 lost contact dengan pusat kendali.

Sementara itu Komandan Kodim (Dandim) 0604 Karawang, Letkol Infantri, Endang Sumardi, membenarkan penemuan FDR tersebut oleh Tim gabungan dan langsung diserahkan ke posko utama di Tanjung Priok. 

"Ya tadi jam 10, black box telah ditemukan hanya sebagian, oleh tim angkatan laut. dan telah dirillis oleh kepala Basarnas tadi," kata Dandim kepada awak media, Kamis (1/11).

Dandim melanjutkan bahwa pencarian hari ini pihaknya bersama Tim gabungan, kembali melakukan penyisiran di pesisir pantai Pakis yang tak jauh dari lokasi ditemukannya FDR.

"Dan untuk sementara hasil kita masih nihil, tak ditemukan serpihan ataupun body part lainnya dari pesawat Lion Air JT-610, tadi pun kita telah menyerahkan baarang hasil temuan kemarin kepada Basarnas, " jelas Dandim. 

Senada dengan Dandim, Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Kabupaten Karawang, Asep Wahyu Suherman pun membenarkan penemuan black box elemen FDR yang tak disertai elemen CVR pada pencarian hari ke empat oleh Tim penyelam TNI AL pada pukul 10.00 WIB. Namun sebelumnya Kalak BPBD telah memberikan informasi tentang satu area yang telah disterilkan sehari sebelumnya, Rabu (31/10) malam. 

"Hanya mendapati sejenis plastik dan telah diidentifikasi oleh pihak Lion Air bahwa barang tersebut bukan bagian pesawat dan diketahui ada satu area yang hari ini disterilkan dan kami belum mengetahui alasannya," jelas Asep Wahyu, Rabu (31/10) malam.

Posting Komentar