Jumat, Desember 14, 2018

Awas Bongkar Pasang Sekdes Pasca Pilkades Karawang!!!

 

PELITAKARAWANG.COM - Anjuran Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) agar keuangan yang bersumber dari pemerintah wajib masuk dalam satu aplikasi Sistem Keuangan Desa (Siskudes) sejak 2016, nampaknya masih ciut di realisasikan 2 tahun terakhir di Karawang. Pasalnya, Siskudes yang berisi data keuangan desa tahunan secara online hingga Ke Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) tersebut, masih Offline dua tahun terakhir. Namun demikian, tahun 2019 mendatang, nampaknya sudah tidak ada lagi toleransi bagi desa yang membuat laporan dan ajuan secara manual,terlebih aplikasi baru dengan nama SIBANGUN disebut-sebut akan hadir ditahun-tahun mendatang.

Ketua Forum Sekretaris Desa Kabupaten Karawang, Ono Rustono mengatakan, para sekdes didalam pelaksanaan siskudes ini, sebenarnya lebih dimudahkan didalam pelaksanaan setiap perencanaan yang di buat, baik secara perencanaan umum maupun yang khusus. Sebab di dalam siskudes sudah mencakup baik perencanaan, usulan dan pelaporan, bahkan didalam siskudes juga ada perencanaan sistem perencanaan di bidang tata usaha, sehingga hal ini juga merupakan kemudahan bagi BPK untuk mengontrol setiap pelaporan. Tapi sayangnya sebut Ono, karena lewat sistem aplikasi, banyak desa belum berjalan semua input dalam Siskudes, bahkan tiap-tiap desa masih banyak yang belum menggunakan siskudes ini. " Sistemnya bagus, tapi 2 tahun offline karena mungkin lewat aplikasi ini belum semuanya di fahami, sehingga banyak desa yang masih manual," Katanya.
Walaupun demikian, sambung Sekdes Talagasari ini, ia berharap di tahun 2019 semua bisa berjalan mengunakan siskudes ini dan sudah dapat di gunakan oleh semua desa yang ada di kabupaten karawang, sehingga setiap ajuan di input dalam sistem tersebut, dan cukup transit di Kecamatan dan tidak ribet bolak balik ke DPMPD dan DPKAD .

Apalagi, nanti ada sistem baru lagi di dalam perencanaan satu taun kedepan dengan nama "SIBANGUN". Dimana didalamnya, terdapat data perencanaan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) untuk satu taun kedepan meliputi usulan- usulan. " Kita harap semuanya sudah online Siskudes tahun depan, gak ada lagi yang manual," Ujarnya.

Tapi yang ia khawatirkan, sambung Ono, adalah jabatan Sekdes yang di bongkar pasang di desa-desa yang kadesnya baru lagi. Sementara Diklat dan pelatihan Siskudes ini berkelanjutan dan bertahap, sehingga kalau ada lagi yang baru, akan mengulang dari nol lagi. " Walaupun ingin berjalan tahun depan, ya kita lihat saja nanti kalau ada kendala Sekdes dari nol lagi," Keluhnya.

Show comments
Hide comments
Tidak ada komentar:
Write comment

BERITA TERBARU

Back to Top