Bupati Karawang Ingatkan Masyarakat Waspadai Penularan HIV/AIDS


PELITAKARAWANG.COM - Bupati Karawang, Cellica Nurrachadiana mengingatkan masyarakat agar mewaspadai penularan HIV/AIDS, karena penyebaran penyakit berbahaya itu sudah sampai ke wilayah perdesaan.

"Semua masyarakat harus hati-hati, agar tidak tertular penyakit berbahaya itu," katanya, dalam siaran pers yang diterima di Karawang, Jumat.

Upaya yang perlu dilakukan masyarakat ialah dengan tidak melakukan hubungan seks bebas atau ganti-ganti pasangan, karena penularan HIV/AIDS bisa terjadi melalui hubungan seks bebas.

Selain itu, juga bisa melalui penggunaan jarum suntik.

Dari data yang diperoleh, saat ini kasus HIV/AIDS di Karawang mencapai 1.062 kasus. Itu merupakan catatan kasus HIV/AIDS yang terjadi sejak 1992 hingga November 2018.

Ia mengatakan, dari ribuan kasus HIV/AIDS tersebut tidak hanya terjadi di wilayah perkotaan. Tetapi juga ada penderita HIV/AIDS yang merupakan warga desa.

"Saya meminta masyarakat Karawang, khususnya para generasi muda, agar berhati-hati. Jangan melakukan hal-hal yang bisa menularkan penyakit itu," kata Bupati.

Pemkab Karawang terus berupaya mencegah penyebaran HIV/AIDS dengan cara meningkatkan sosialisasi terkait hal-hal penularan penyakit tersebut.

"Kami terus berupaya agar jumlah penderita HIV/AIDS tidak meningkat. Di antaranya dengan melakukan pencegahan populasi khusus atau rentan penyebarluasan informasi HIV/AIDS di sekolah, Lapas hingga lingkungan masyarakat umum,"ujar Bupati.#ANT
Diberdayakan oleh Blogger.