Ini Keterangan Resmi Kepala BKPSDM Untuk Jabatan Sekda Karawang

H .Asep Aang Rahmatulillah
PELITAKARAWANG.COM-.Saat ini Karawang panas membara pasalnya sudah bermunculan bursa Sekda Karawang,yang katanya bakal berakhir masa baktinya sampai tanggal 27 Desember 2018.(7/12/2018).

Sejumlah nama pejabat eselon II sudah berani terbuka mengatakan siap untk menggantikan posisi Sekda Teddy Ruspendi yang bakal habis masa jabatannya.Situasi panas lantaran diduga ada tiga kelompok yang bernafsu menjadi Sekda.

Kelompok pertama yang disebut kelompok Ring 1 memunculkan tiga nama yaitu Acep Jamhuri yang saat ini menjabat Kepala Dinas PUPR,Samsuri yang menjabat Asisten I Sekretariat Daerah, dan Eka Sanatha yang saat ini menjabat Kepala Bappeda. 

Kelompok kedua dari kelompok Ring II yaitu Yudi Yudiawan yang menjabat sebagai Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil dan Suroto yang sekarang menjabat Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans).

Kelompok ketiga adalah kelompok pejabat eselon II yang bermain api dalam sekam alias bermain bola muntahan.

Tiga kubu ini sedang bersaing keras untuk mendapatkan simpati dari Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana agar terpilih sebagai Sekda.

Panasnya situasi menjelang pemilihan sekda ini mulai dirasakan sejak pekan kemarin. Bahkan, Sekda Teddy Ruspendi mengakui atmosfer pemilihan sekda sudah panas. Namun dirinya mengaku tidak terpengaruh soal isu jabatan sekda dan tetap bekerja melayani masyarakat. 

"Sudah saya rasakan soal itu tapi biarkan saja, itu kan dinamika yang muncul asal tidak mengganggu pekerjaan saja.  Kalau soal jabatan sekda kita serahkan saja kepada bupati yang punya hak prerogatifnya. Jadi saya rasa kita tunggu saja beliau ke mana arahnya," ujar Teddy, Kamis (6/12/2018).

Teddy mengakui, jabatannya sebagai Sekda akan selesai Desember tahun ini sesuai SK yang diterima sebelumnya. Namun, periodisasi jabatan Sekda tetap bergantung kepada kebijakan bupati. 

"Katanya sih habisnya bulan ini, tapi itu tergantung bupati saja. Jika beliau mau diselesaikan Desember ini artinya akan ada pemilihan sekda lagi. Tapi bisa saja jabatan sekda diperpanjang berdasarkan kebutuhan, tergantung beliau saja," katanya.

Kemudian menurut keterangan resmi yang didapatkan dari Kepala BKPSDM Karawang H.Asep Aang Rahmatulillah, berdasarkan PP 11 Tahun 2017 tentang Manajemen PNS dan Surat Menpan RB Nomor B/96-1/M.SM.99/2017 tanggal 31 Juli 2017 Perihal Tata Cara Pengisian JPT Pratama Sekretaris Daerah Kabupaten/Kota.

Berdasarkan ayat (1) pasal 133 PP 11 Tahun 2017, “JPT (Jabatan Pimpinan Tinggi) hanya dapat diduduki paling lama 5 (lima) tahun”. Dalam penjelasan ayat tersebut dijelaskan bahwa “Pejabat Pimpinan Tinggi yang telah menduduki jabatan 5 (lima) tahun atau lebih setelah pemberlakuan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara dapat dilakukan penilaian kembali terkait dengan kesesuaian kompetensi dan jabatan yang diduduki”. Selanjutnya ayat (2)-nya menjelaskan bahwa “JPT sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dapat diperpanjang berdasarkan pencapaian kinerja, kesesuaian kompetensi, dan berdasarkan kebutuhan instansi setelah mendapat persetujuan PPK dan berkoordinasi dengan Komisi Aparatur Sipil Negara”. 

Dalam penjelasan ayat (2) tersebut dijelaskan bahwa “Persetujuan PPK diberikan apabila JPT telah membuktikan  bahwa target kinerja organisasi yang dipimpinnya tercapai selama yang bersangkutan menjadi Pejabat Pimpinan Tinggi”. Yang dimaksud dengan “berkoordinasi dengan Komisi Aparatur Sipil Negara” adalah setiap perpanjangan JPT dilaporkan kepada Komisi Aparatur Sipil Negara” 

Kemudian Asep Aang tambahkan,berdasarkan Surat Menpan RB diatas, salah satunya menjelaskan untuk rencana Pengisian JPT Pratama Sekda terlebih dahulu harus dikordinasikan/diberitahukan kepada Gubernur, dan selanjutnya dikoordinasikan dengan KASN untuk mendapat persetujuan dan dalam proses pelaksanaan pengisian Sekda dilakukan oleh Panitia Seleksi yang dibentuk oleh Pejabat Pembina,Kepegawaian,yang selanjutnya untuk Calon Sekretaris Daerah berasal dari Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama (eselon II.b) berjumlah paling kurang 4 (empat) orang dengan usia paling tinggi 58 (lima puluh delapan) tahun pada saat ditetapkan dengan Keputusan Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) untuk menduduki JPT Pratama Sekda Kab/Kota.Kemudian pada waktunya dilakukan uji kompetensi, antara lain penulisan makalah dan wawancara serta uji kompetensi jika diperlukan sesuai dengan kualifikasi dan kompetensi jabatan Sekretaris Daerah. 

Lalu Asep Aang uraikan untuk Panitia Seleksi menyampaikan 3 (tiga) orang calon Sekretaris Daerah kepada Pejabat Pembina Kepegawaian.Pejabat Pembina Kepegawaian memilih dan menetapkan 1 (satu) dari 3(tiga) calon yang diusulkan oleh Panitia Seleksi dan Sekda Kab/Kota terpilih sebelum ditetapkan oleh Pejabat Pembina Kepegawaian dikoordinasikan dengan Gubernur.Berdasarkan ketentuan yang ada dan hasil konsultasi dengan KASN (Komisi Aparatur Sipil Negara) dijelaskan bahwa masa jabatan 5 (lima) tahun dimaksud dihitung dari diundangkannya UU Nomor 5 Tahun 2014 yaitu tanggal 15 Januari 2014. PNS yang menjabat JPT yang sama sebelum UU 5 Tahun 2014 masa jabatan 5 (lima) tahunnya tetap dihitung dari 15 Januari 2014. Pada saat Pejabat Pimpinan Tinggi telah menduduki jabatan yang sama selama 5 (lima) tahun dapat dilakukan penilaian kembali terkait dengan kesesuaian kompetensi dan jabatan yang diduduki, artinya tidak langsung diberhentikan namun Pejabat Pimpinan Tinggi yang akan diperpanjang wajib dilakukan evaluasi pencapaian kinerja,kesesuaian kompetensi dan berdasarkan kebutuhan instansi oleh Pansel,sebelum mendapat persetujuan PPK (Pejabat Pembina Kepegawaian) dan berkoordinasi dengan Komisi Aparatur Sipil Negara” dan proses pengisian Sekda dilakukan oleh Panitia Seleksi yang dibentuk oleh Pejabat Pembina Kepegawaian, sesuai tahapannya yang sudah dijelaskan tadi. 

Untuk itu,sambung Kepala BKPSDM Karawang berkaitan dengan masa jabatan Sekda Kabupaten Karawang (Bapak Drs. H. Teddy Rusfendi Sutisna),beliau diangkat pertama kali menjadi Sekda Kabupaten Karawang berdasarkan Keputusan Gubernur Jawa Barat Nomor 133/Kep.1780-BKD/2013 tanggal 24 Desember 2013 dan dilantik pada tanggal 27 Desember 2013 maka berdasarkan penjelasan diatas pula,masa jabatan 5 (lima) tahun yang bersangkutan menjabat Sekda Kabupaten Karawang pada tanggal 14 Januari 2019.Selanjutnya untuk pemberhentian atau perpanjangan beliau dari/menjadi Sekda Kabupaten Karawang setelah dilakukan evaluasi sebagaimana dijelaskan dengan catatan selama belum ada penetapan pemberhetian atau perpanjangan dimaksud oleh Pejabat Pembina Kepegawaian.

Atas dasar keterangan diatas yang bersumber aturan dan peraturan yang berlaku,tandas Kepala BKPSDM Karawang, maka beliau masih melaksanakan tugas sebagai Sekda Kabupaten Karawang walaupun sudah melewati tanggal 14 Januari 2019.
Posting Komentar