Jelang Libur, Santri Pesantren Baitul Burhan Gelar Pensi

PELITAKARAWANG.COM -  Kewajiban melaksanakan Penilaian Akhir Semester (PAS) sudah selesai di Sekolah, jelang liburan yang jatuh mulai 14 Desember mendatang, ratusan santri Pondok Pesantren (Ponpes) Baitul Burhan Desa Lemahduhur Kecamatan Tempuran, menggelar kegiatan lomba pentas dan kreasi seni selama sepekan, mulai tanggal 3 - 8 Desember.


Pengasuh Pesantren Baitul Burhan, Ajang Syaeful Khiyar mengatakan, kegiatan Pensi ini digelar dalam rangka melaksanakan agenda tahunan pesantren dengan nama acara "pentas aksi santri" yang di ikuti oleh semua santri, perwakilan dari setiap kobong. Adapun pelaksanaannya dimulai sejak tanggal 3 Desember dan berakhir pada Jumat 8 Desember nanti. Sementara, para santri sebut Ajang, sudah bisa izin pulang ke rumah di tanggal 7 Desember dan kembali ke Pondok nanti tahun baru, atau paling terlambat 1 Januari. " Kegiatan ini rutin kita lakukan setiap tahun, biasanya setelah ulangan di SMP dan jelang liburan siswa," Katanya.
Adapun sejumlah lomba yang dipentaskan sambung Ajang, antara lain pidato, nasyid, Hadroh dan hapalan , semuanya mewakili kobongnya sehingga tumbuh rasa semangat antar kobongnya, karena lomba ini juga diberikan hadiah bagi para pemenangnya. Ia berharap, kegiatan Pensi yang memang seharusnya digelar setiap kali class meeting di sekolah, tetapi lebih banyak di gelar dilingkungan Komplek Pesantren dengan ragam lomba bernafaskan religi. " Kita langsung gelar di halaman masjid Pesantren, jadi class meeting bagi siswa santri ini ya di pesantren, bukan disekolah, karena wali kelasnya sedang sibuk kerjakan raport siswa," Katanya.

Pimpinan Pondok Pesantren Baitul Burhan KH Sofwan Abdul Gani mengatakan, jelang musim liburan, kegiatan pentas aksi santri ini adalah hal yang positif dan mungkin mengesankan bagi para santri. Sehingga, ketika ada yang jadi juara, ini bisa memacu semangat santri bercerita kepada orangtua dan keluarga di kampung halaman. Pihaknya berpesan, sebut Ajengan Wawan ini, agar selama liburan para santri tetap Istiqomah melakukan ibadah, hafalan hingga amaliyah lainnya yang sudah di lakukan di pesantren, minimalnya jadi contoh akhlak terbaik di kampung halamannya. " Sebelum liburan ia hanya pesankan agar santri selalu Istiqomah beribadah di kampungnya sebagaimana kebiasannya di pesantren," Pungkasnya.
Posting Komentar