Jemput Bola, Perekaman Sehari Cuma 34 Orang

PELITAKARAWANG.COM - Surat Kemendagri Nomor 471.13/24150/Dukcapil perihal jemput bola pelayanan perekaman KTP el serentak sehari pada (27/12), hanya mendapati 34 orang di Kecamatan Cilamaya Wetan. 

Meskipun meningkat dibanding hari-hari biasa, antusiasme pemilih pemula mendominasi perekaman KTP el di ruangan Operator Kasie Pelayanan Kecamatan Cilamaya Wetan tersebut.

Operator perekaman KTP el Kecamatan Cilamaya Wetan, Deni mengatakan, pihak kecamatan sosialisasikan edaran jemput bola itu ke desa-desa lewat jejaring sosial, karena tertanggal 27 Desember, Kemendagri meminta semua Disdukcatpil Kabupaten/Kota, untuk serentak mengadakan jemput bola perekaman KTP el seharian bagi yang belum. Khusus di Kecamatan Cilamaya Wetan, sebut Deni, didapati data seharian dari pagi sampai sore, ada 34 orang yang melakukan perekaman yang di dominasi pemula, baik anak pelajar SMA maupun santri. 

Jumlah ini sebut Deni, meningkat dibanding hari-hari biasa yang hanya mendapati sekitar 15 orang perharinya yang melakukan perekaman. "Dasarnya surat Kemendagri itu, ya disampaikan via jejaring sosial ke warga, yang datang 34 orang, biasanya kan 15 perhari itu," Katanya.

Camat Cilamaya Wetan, Drs H Hamdani mengatakan, pihaknya sudah melakukan sosialisasi ke desa-desa, betapapun itu menjadi domain Dinas secara khusus jemput bola, tapi Pihak Kecamatan membantu kontribusi perekaman serentak sehari di 27 Desember ini. 

Hasilnya, cukup ada peningkatan dari biasanya hanya belasan, tapi sehari ini dapati hampir 40 orang sehari. Ia berharap, bagi masyarakat pemula, lansia, santri pesantren dan lainnya, selagi libur, manfaatkan waktu untuk melakukan perekaman, agar selain dapati hak pilih pada pemilu 2019, juga dapat data kependudukan yang sempurna. 

"Biasanya belasan, tapi sehari ini kita dapati hampir 40 orang perekaman, sedikit membantu Disdukcatpil dalam perekaman serentak sehari ini," Ujarnya.

Ia berharap, perekaman KTP el tidak hanya tinggi antusias saat ada pengumuman maupun imbauan, tapi masyarakat bisa lebih semangat dengan sendirinya jika syarat perekaman sudah memenuhinya. " Jangan hari ini saja, saya ajak hari apapun yang belum, segera lakukan perekaman KTP el," Katanya.

Tidak ada komentar