Karawang Ingin Gede Dana Bagi Hasil Migas

PELITAKARAWANG. COM.- Wakil Bupati Karawang, Ahmad Zamakhsyari curhat soal Dana Bagi Hasil (DBH) ke bos Pertamina disela-sela Grounbreaking PLTGU di Cilamaya Rabu 19/12. Mengingat banyaknya Balongan sumur Pertamina di Karawang, DBH yang didapat Karawang, diharapkannya bisa lebih besar dari Indramayu, apalagi setelah ada proyek PLTGU .

" Ibu Dirut, kita harap dengan adanya proyek PLTGU ini DBH Migas di Karawang ini bisa lebih signifikan lagi, sehingga tidak kalah besar dengan Indramayu yang juga banyak balongannya, " Katanya.

Pelabuhan Cilamaya sebut Jimmy, sudah ramai tapi dibatalkan pemerintah pusat, tapi sebagai gantinya, Pemkab senang karena diberi kepercayaan lagi menyediakan lahannya untuk PLTGU di Cilamaya ini. Sebab, Cilamaya - Tempuran ini sejak dulu merupakan wilayah pelabuhan yang ramai, maka tidak salah ketika pusat menunjuk wilayah ini sebagai lokasi pembangunan Sutet terbesar di Asia Tenggara ini. Pemkab, sambung Jimmy, mendukung program nasional dimana Karawang di jadikan penyokong nasional. Sehingga, selain 19 Kecamatan dipertahankan untuk lahan pertanian, walaupun fisik irigasinya masih peninggalan kolonial, tetapi pemasok pangan, Karawang masih terbesar, tetapi ketika ada hajat pusat, maka tidak ada alasan bagi Pemkab untuk tidak mempermudah dan memberi izin pembangunan seperti di PLTGU ini. " Dulu ini sawah, tapi karena ada hajat nasional, maka tidak ada alasan bagi kami untuk tidak mendukung program nasional ini," Ungkapnya.

Selain curhat DBH, Jimmy juga membisiki Menko Perekonomian Darmin Nasution, agar Bandara Internasional bisa dibangun di Karawang, karena selain kereta cepat dan PLTGU, Bandara juga diharapkan hadir di Karawang sebagai penyokong ibu kota. " Gak bakal ada merdeka Indonesia ini kalau tanpa Rengasdengklok, jadi sejak dulu Karawang ini penyokong negara," Ujarnya.

Menyikapi itu, Dirut Pertamina Nicke Widyawati mengatakan, dengan keberadaan PLTGU tentu akan menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD), disamping juga tenaga kerja yang dibutuhkan selama masa pekerjaan sekitar 5.000 orang. " Iya tentu dengan ada PLTGU pastinya akan menambah PAD bagi daerah," Ujarnya.

Posting Komentar