KKP Ketuk Pintu Pertamina Kembangkan Wisata Bahari Karawang

PELITAKARAWANG.COM - Direktorat Jendral (Dirjen) Pengelolaan Ruang dan Laut (PRL) Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), berjanji akan mengetuk pintu perusahaan BUMN untuk mengembangkan wisata bahari dan progres potensi laut di Cilamaya Wetan. 

Hal itu dikatakan Brahmantyo Satya Purwadi, disela-sela peresmian bangunan Pusat Informasi Bahari (PIB) di pantai Tangkolak Desa Sukakerta Kecamatan Cilamaya Wetan Rabu (26/12). 

Menurutnya, ia sempat di tawari sejumlah perusahaan BUMN seperti PGN, Pertamina Gas dan Pertamina ONWJ untuk memetakan, wilayah mana yang kiranya layak untuk pengembangan wisata bahari dan potensi kelautan, dirinya menjawab dan mengarahkan agar lokasi itu bisa dikembangkan di Tangkolak Desa Sukakerta Kecamatan Cilamaya Wetan. 

Sebab, disaat negara terbatas anggarannya, maka perusahaan plat merah ini kiranya bisa membantu. Atas dasar itulah sambungnya, ia akan mengetuk pintu PGN, Pertamina Gas dan ONWJ untuk sama-sama membangun pengembangan wisata dan potensi kelautan di Tangkolak ini. " Mereka sempat menawarkan, ya saya bilang lokasi tepat pengembangan potensi wisata, progres potensi kelautan dan orisinalitas alam laut ada di Tangkolak ini," Kata mantan pegawai BUMN bidang Perminyakan ini. 

Brahmantyo menambahkan, kenapa harus Tangkolak, karena di lokasi ini ada lahan hutan mangrove yang varietasnya jarang ditemui di lokasi lain, termasuk burung-burung kuntul putih yang mengindahkan pemandangan pesisir laut. Belum lagi lautnya yang menyimpan segudang Barang Muatan Kapan Tenggelam (BMKT) yang bersejarah, koral mutiara, karang yang bagus dan juga akses yang baik menjadi alasan utama mengapa Tangkolak ini di pilih. 

Bahkan, sebut Brahmantyo, kerjasama antar Pemda, Perusahan BUMN dan masyarakat pesisir dengan para aktivisnya sangat potensial bahwa Tangkolak ini layak dikelola lebih baik lagi. " BMKT banyak, karang yang indah layak diving juga potensial, apalagi Mangrovenya, ini yang jadi alasan kita," Pungkasnya.

Tidak ada komentar