Menembus Visi Jadi Judul PPKKS SMAN 1 Lemahabang

PELITAKARAWANG.COM - Berharap nilai maksimal dan bisa memenuhi standar 6 kompetensi, Kepala SMAN 1 Lemahabang Hj Lilis Saidah MM angkat judul Kepemimpinan menembus visi dalam Penilaian Prestasi dan Kinerja Kepala Sekolah (PPKKS) yang di gelar Senin 3/12. Dihadapan 4 pengawas wilayah IV Jawa Barat, satu persatu slide kaitan profil dan kemajuan SMA selama setahun di sampaikan tuntas di hadapan para pengawas silang SMA tersebut.

Kepada Radar Karawang, Kepala SMAN 1 Lemahabang, Hj Lilis Saidah mengatakan, kegiatan PPKKS memang merupakan agenda tahunan yang memetakan sejauh mana kemajuan, prestasi dan perkembangan sekolah dibawah kepemimpinannya. Ia merasa, tema yang diangkat yaitu Kepemimpinan Menembus Visi, sudah melampaui target. Karena, indikator kompetensi yang jadi kriteria PPKKS ini sudah dipenuhi dengan maksimal, seperti kepemimpinan pembelajaran, pengembangan sekolah, manajemen sumber daya, Kewirausahaan hingga  supervisi pembelajaran. Termasuk terpenuhinya 8 standar yang di kriteriakan dalam akreditasi. Terlepas hasilnya seperti apa dan reward yang diberikan jika kinernya dan prestasinya di anggap baik bahkan bisa dilombakan ditingkat Cabang misalnya, tetapi dirinya sudah maksimal dan terus kerja menembus visi misi sekolah yang unggul, berkarakter berlandaskan imtaq dan Iptek," dalam memimpin saya hanya kerja,kerja dan kerja. Urusan hasil kita berharap yang terbaik, tapi itu domainnya para tim penilai pengawas yang berwenang atasnya," Katanya.

Pengawas Pendamping SMAN 1 Lemahabang, Mohammad Bunyamin MM mengatakan, tim pengawas yang garap PPKKS ini ada 3 orang dari luar Karawang dan 1 orang Karawang yaitu dirinya. Dalam PPKKS yang ditugaskan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat Nomor Nomor 005/1954- set Disdik pertanggal 7 November itu, pihaknya melihat ketentuan penilaian Kepala Sekolah sejak 9 Januari - 31 Desember 2018, jika berturut-turut hasil PPKKS ini baik, berdasarkan Permendikbud Nomor 7 tahun 2018, hasilnya bisa jadi bahan pertimbangan Rotasi Kepsek dan ada  kenaikan pangkat 2 tahunan,  sementara jika nilainya jeblok, akan dilanjut pada pembinaan. Yang terpenting dalam PPKKS ini sebutnya, adalah sempurnanya 6 komepetensi kepala sekolah, mulai dari kompetensi bagian sosial, kepemimpinan pembelajaran, pengembangan SDM, pengembangan sekolah, supervisi akademik dan Kewirausahaan. " Iya, hasil baik dan kurang baik ini jadi dasar rotasi, maupun kenaikan pangkat 2 tahunan," Katanya.

Disinggung hasil garapan PPKKS di SMAN 1 Lemahabang, Bunyamin menyebut bahwa predikat sekolah ini amat baik dan peningkatan kompetensinya melampaui target, bahkan judul Kepemimpinan Menembus Visi Sekolah, membuat kagum para pengawas penilai, sehingga diharapkan apapun yang bagus dalam PPKKS ini bisa dipertahankan, begitupun sebaliknya, jika kurang baik, agar ditingkatkan pembinaan dan pendampingannya. " Kita melihat di SMAN 1 Lemahabang ini amat baik ya, enam kompetensinya insya Allah terpenuhi," Katanya.
Posting Komentar