Puskesmas Rawamerta Lakukan ICF, Deteksi Penyebaran Kusta di Tengah Masyarakat

PELITAKARAWANG.COM - Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Rawamerta yang di dampingi kader posyandu serta tim supervisi dinas kesehatan Kabupaten Karawang lakukan kegiatan posbindu lansia, serta Intensif Cash Fainding (ICF), atau mencari sedini mungkin kasus kusta di kalangan masyarakat. Dengan tujuan memutus rantai penyebaran Penyakit Menular (PM) dan Penyakit Tidak Menular (PTM) di tengah masyarakat, Kamis (13/12).

Kegiatan yang digekar di Posyandu Anggrek 1 Desa Sukaraja Kecamatan Rawamerta ini cukup mencuri perhatian masyarkat, dan terbukti hasilnya. Diantara puluhan warga yang mengatri untuk berobat, didapati 2 orang pengidap penyakit kusta di Desa Sukaraja.

Tim supervisi Dinas Kesehatan Kabupaten Karawang, Masitoh SKm, mengatakan untuk kegiatan intensif case finding atau mencari potensi terjadinya kasus kusta di tengah masyarakat gelombang ke-3 ini di lakukan untuk semua Puskesmas.  Tujuannya meminimalisir terjadinya PM dan PTM di kalangan maayarakat.

"Melibatkan kader, kita cari titik yang berpotensi ada kasusnya, dan tahun sebelumnya memang ada di desa ini. Saat ini juga di temukan 2 orang pengidap penyakit kusta, satu sedang dalam pengobatan di RS, dan satunya dalam tahap pengobatan di Puskesmas," ucapnya, Kamis (13/12).

Dirinya mengakui, hingga saat ini belum bisa memutus mata rantai sumber penularan penyakit tersebut. Kendalanya antara lain, masyarakat sering merasa malu atas penyakitnya, kurangnya kesadaran tentang kesehatan dari masyarakat, serta malas berobat.

"Sebagai cara untuk mengatasinya, kita jemput bola ke tiap desa dengan kegiatan ini," ujarnya.

Ia pun mengimbau agar masyarakat menghilangkan sedikit malunya demi kesembuhan. Adapun bagi lingkungannya, khususnya keluarga, agar dapat memberi motivasi terhadap si penderita agar mempunyai keinginan untuk berobat.

"Jangan malu di periksa, kalau di nyatakan positif, puskesmas siap membantu dengan memeriksa dan mengobati penderita sampai sembuh. Dan juga, memerlukan motivasi dari lingkungan dan keluarga," katanya.

Di tempat yang sama, Etih Nuraeni programer lansia dan PTM Puskesmas Rawamerta mengatakan, kegiatan penjaringan PM dan PTM kusta ini di lakukan tiap bulan untuk wilayah kerja Puskesmas Rawamerta. Untuk saat ini di Posyandu Anggrek 1 Desa Sukaraja, terdapat 30 orang yang hendak berobat.

"Sementara, untuk masyarakat yang  belum di periksa, menjadi pekerjaan rumah bagi kami agar mereka dapat memahami pentingnya kesehatan," katanya.

Diketahui penyakit yang paling banyak di derita masyarakat saat ini mulai dari hipertensi, kencing manis, kolesterol tinggi, serta osteoporosis. Dalam kegiatan tersebut di temukan 2 orang mengidap penyakit menular jenis kusta.

"Yang paling banyak itu hipertensi, ada 4 orang, dan penyakit kusta yaitu saidara Hadin 65 yang saat sudah di tangani tim kami untuk penyembuhan," pungkasnya.
Diberdayakan oleh Blogger.