Tekuk Mitra Kukar,Persija Juara Liga 1 Indonesia 2018

PELITAKARAWANG.COM-.Persija Jakarta memastikan gelar juara Liga 1 Indonesia 2018. Kepastian itu usai klub asal Ibu Kota mengalahkan Mitra Kukar dengan skor 2-1 pada pekan ke-34 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Minggu 9 Desember.

Kemenangan itu cukup membuat Macan Kemayoran juara, meski pada laga lain sang rival, PSM Makassar mencukur PSMS Medan dengan skor 5-1 di Stadion Andi Matalatta.

Bermain di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Persija langsung menggebrak jantung pertahanan Mitra Kukar melalui dua winger mereka, Rezaldi Hehanusa dan Riko Simanjuntak. Meski begitu pertahanan berlapis sudah disiapkan tim tamu.

Tuan rumah mendapatkan hadiah penalti, setelah Marko Simic dilanggar Saepuloh Maulana di kotak terlarang. Simic sendiri yang mengeksekusi dengan baik tendangan penalti tersebut pada menit ke-17.

Persija nyaris menambah keunggulan. Tapi sayangnya bola hasil sepakan Rohit Chand masih membentur tiang gawang. 

Mitra Kukar yang tampil dalam tekanan, mencoba keluar dari situasi tersebut. Sesekali pasukan Rahmad Darmawan mengancam gawang Andritany Ardhiayasa, meski tak membuahkan gol.

Persija coba mencari gol penambah keunggulan. Tapi skor 1-0 bertahan hingga laga usai.

Memasuki babak kedua, Persija melakukan pergantian pemain. Ramdani Lestaluhu dimasukkan untuk menggantikan posisi Sandi Sute.

Persija semakin menguasai laga setelah mampu mencetak gol kedua. Lagi-lagi gol dicetak melalui Simic pada menit ke-59. Kali ini Simic mencetak gol usai memanfaatkan bola liar.

Para pemain Mitra Kukar sempat melakukan protes dan pertandingan berhenti beberapa saat. Dari tayangan ulang, terlihat Ramdani mencoba menahan pergerakan kiper Naga Mekes, Yoo Jae-Hoon. Tapi wasit Prasetyo Hadi tetap melanjutkan permainan untuk membuat keadaan 2-0 buat Persija.

Mitra Kukar coba mendobrak pertahanan tuan rumah dan mendapatkan hadiah penalti pada menit ke-71. Wasit Prasetyo melihat bola terkena tangan Rohit Chand.

Sayang, Fernando Rodriguez tak mampu membuat gol untuk memperkecil ketertinggalan menjadi 1-2, setelah bola hasil tendangan striker asal Spanyol itu ditepis oleh Andritany.

Pada menit ke-88, Mitra Kukar menggebrak. Tim tamu mencetak gol perkecil ketertinggalan menjadi 1-2 setelah bola tendangan keras Aldino Herdianto tak mampu digapai Andritany. 

Mitra Kukar menciptakan beberapa peluang di pengujung laga. Tapi, skor 2-1 tetap bertahan untuk keunggulan Persija hingga laga usai. 

Kemenangan ini membuat Ibu Kota berpesta. Persija mengakhiri penantian 17 tahun dahaga gelar juara liga setelah terakhir terjadi pada 2001. Macan Kemayoran juga mengakhiri musim dengan berada di posisi pertama dengan koleksi 62 poin. Unggul satu poin dari PSM yang mengumpulkan 61 poin. 

Trofi ini juga membuat Persija sukses mengawinkan gelar. Sebelumnya pada awal tahun, Persija berhasil menyabet juara Piala Presiden 2018.

Sementara bagi Mitra Kukar, harus terpaksa turun kasta dengan menempati posisi 16 klasemen akhir dengan hanya meraup 39 poin. Naga Mekes akan turun ke Liga 2 bersama Sriwijaya FC dan PSMS Medan.

Susunan Pemain

Persija: Andritany, Ismed, Jaimerson, Rezaldi, Maman, Novri, Renan, Riko, Rohit Chand, Sandi, Simic

Mitra Kukar: Yoo Jaehoon, Dedy, Saepuloh, Wiganda, Hartono, Lutfi Kamal, David Maulana, Anindito, Rodriguez, Bayauw

Tidak ada komentar