20 Hektare Sawah Cilamaya Kekeringan

PELITAKARAWANG.COM - Cuaca yang jarang turun hujan, membuat pihak Perusahaan Jasa Tirta (PJT) harus giliran menggelontorkan air ke sawah-sawah. Kondisi ini kering ini,  tak ayal membuat para petani berburu air, walaupun dengan alat pompa. Selain di Dusun Surkalim Desa Tegalsari yang sawahnya kekeringan 30 hektar, sejumlah lahan lainnya di Cilamaya, juga dilaporkan kering, bahkan di usia tanaman padi vegetatif.

"Sudah 15 hari tanaman sawah di Warubacin dan Gomblangan Desa Mekarmaya kering, bagaimana nanti ini teh, gagal tanam mern puluhan hektar, " Kata Warga Mekarmaya, Summari.

laporan kekeringan juga dikeluhkan di blok Putat  dan  Kalen Tengah Dusun Cipancuh Desa Tegalwaru, dikatakan Kadesnya, Aruji Atmaja, pihaknya dapati laporan dari Ulu - ulu Cipancuh,  bahwa ada kekeringan sawah sekitar 20 hektar di blok putat dan kalen tengah ,harusnya dari babakan Cipancuh Gempol ke kalen tengah malah kedahuli kalen kosambi karena ada tanggul empang jebol, pihak desa sudah berkoordinasi untuk meminta permohonan supaya ada pengecekan dari pihak Pengairan. 

Walaupun masih bisa di antisipasi dengan pompanisasi di Kalen Pembuangan Cariu. " Iya kering 20 hektar, tapi kita antisipasi dengan pompa, itupun bukan dari irigasi tapi di saluran pembuangan Cariu," Katanya.

Ketua IKD Cilamaya wetan, H Udin Abdul Gani mengatakan, sumber air bagi pengairan di golongan 3,4 dan 5 Cilamaya itu dari SS Kalong, sementara air di bagi 2 dengan Kabupaten Subang , sarannya sebut Udin, Muspika undang Kepala Seksi dan Pengamat untuk antisipasi kurangnya air di wilayah air Cilamaya ini. "Kita minta Muspika selalu koordinasi dengan PJT dan Pengamat," Katanya.

Danramil Cilamaya, Kapten Inf Sukirno mengatakan, kekeringan di wilayah Cilamaya, sudah di koordinasikan dengan pihak PJT dan Pengamat, mana saja yang irigasinya kekurangan gelontoran air. Tapi, menurut informasi yang ia terima, TMA di Jatiluhur memang kecil, sementara air di gilir dengan wilayah lain."  Jadi air digilir sekarang Dengklok senin selasa ke cilamaya demikian info dari petugas air," ujarnya.

Kepala PJT Karawang Suwondo mengatakan, Informasi kekeringan dan kurang air di Cilamaya, sudah di teruskan ke petugas dilapangan untuk ditindaklanjuti. Stok air, sebut Wondo, ada cuma harus sabar karena giliran. " Air ada, cuma giliran kita sudah teruskan ke lapangan," Pungkasnya.

Tidak ada komentar