2019 ASN Tidak Butuh Finger Print, Ini Gantinya

PELITAKARAWANG.COM -  Tahun 2019, nampaknya absensi para Aparatur Sipil Negara (ASN) di Karawang tidak akan memerlukan lagi media Finger Print untuk mendeteksi tingkat kehadiran dan bolos kerja. 

Saat ini, BKPSDM sedang menyiapkan aplikasi baru dengan nama Sistem Informasi Aparat Pemerintah (SIAP) berbasis GPS. Selain ternotifikasi langsung ke atasan, aplikasi yang bisa mendeteksi posisi koordinat para pegawai ini, cukup masuk ke sistem dengan Selfie setiap harinya dengan Hand Phone berbasis Android.

Kabid Mutasi BKPSDM Karawang, Jajang Jaenudin mengatakan, aplikasi absensi pegawai ini baru uji coba, dan siap di realisasikan ditahun 2019 ini. 

Yang jelas, aplikasinya lebih modern sehingga tidak butuh mesin finger print, karena basisnya tripel verifikasi, yaitu, pertama berbasis GPS, artinya setiap pegawai akan terdeteksi posisi koordinat pada saat absensi dan tidak bisa absensi kalau tidak di radius lokasi tempat kerja. Kemudian sambung Jajang, di aplikasi ini para pegawai cukup selfi, karena ini bertujuan untuk memperlihatkan bahwa yang bersangkutan memang hadir di kantor. 

Dan terakhir, aplikasi ini langsung ada notifikasi ke atasan langsung, sehingga atasan bisa menerima dan menolak absensi tersebut. " Ini tripel verifikasi, jadi sudah gak butuh lagi finger print," Katanya.


Jajang menambahkan, dengan diberlakukannya aplikasi ini, sudah barang tentu soal tunjangan akan mempengaruhi para pegawai, sehingga kinerjanya diharapkan lebih disiplin. Saat ini, masih menunggu aplikasinya di sempurnakan dan bagus dulu, "  Ya otomatis akan di kaitkan dengan Tunjangan Pegawai Otomatis (TPO) dan kedisiplinannya, " Katanya.

Sekretaris Camat Cilamaya Kulon, Enjang Hermawan mengatakan, aplikasi baru ini diakuinya sangat efektif dalamenertibkan absensi pegawai. Karena, konon akan menggunakan GPS yang mana dibatasi radius untuk mengisi absensi, disamping juga harus Selfie. 

Hanya saja, belum banyak sosialisasi soal aplikasi ini, bahkan dirinya mendownload juga masih belum muncul. Terlepas dari hal itu, sistem aplikasi yang baru di uji coba kan ini, sangat di apresiasi. " Iya, bagus sih, cuma saya download belum muncul," Katanya.

Aplikasi Siap Tripel Verifikasi Yaitu :
1. Berbasis GPS (setiap pegawai terdeteksi posisi kordinat pada saat absensi) dan ga bisa absendi kalauga di radius lokasi tempat kerja

2. Selfi (bertujuan untuk memperlihatkan bahwa yang bersangkutannnya memang hadir di kantor, bukan lat absensinya)

3. Atasan Langsung (setiap absen langsung ada notifikasi ke atasan langsung, atasan bisa menerima dan menolak absensi tersebut).
Diberdayakan oleh Blogger.