Kamis, Januari 31, 2019

6 Februari ,Istana Negara Bakal Dikepung Buruh

 

PELITAKARAWANG.COM-. Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) bakal menggelar aksi demo di depan Istana Negara pada 6 Februari mendatang. Dalam aksi ini ribuan buruh disebut akan menyampaikan sejumlah tuntutan terkait kesejahteraan mereka. 

"Jadi pada 6 Februari akan ada aksi 10 ribu buruh di istana. Aksi itu akan diikuti buruh dari 20 provinsi dan digelar juga di kota-kota lain," ujar Presiden KSPI Said Iqbal saat memberikan keterangan dalam konferensi pers di Menteng, Jakarta, Kamis (31/1). 

Dalam aksi demo tersebut, lanjut Iqbal, ribuan buruh akan menyampaikan sejumlah isu yang mencakup ketersediaan lapangan kerja, ancaman Pemutusan Hubungan Kerja (PHK), dan perkembangan revolusi industri 4.0. 

Kemudian isu yang kedua adalah mendesak pemerintah agar menggratiskan iuran BPJS Kesehatan dan mencabut Peraturan Menkes 51/2018. 

Selanjutnya adalah menolak upah murah pada buruh dan pencabutan PP 78/2015 tentang pengupahan. Iqbal mengatakan, desakan untuk mencabut PP 78 itu telah disampaikan oleh buruh dalam aksi tiap tahun.

"Tapi tidak pernah ditindaklanjuti oleh pemerintah," katanya. 

Iqbal juga meminta pemerintah menghapus sistem kerja alih daya, menolak tenaga kerja asing China, hingga 'kedok' pegawai magang berupah murah di sejumlah daerah. Ia mencontohkan salah satunya terjadi pada pegawai magang PT Panasonic di Bekasi yang hanya menerima upah Rp500 ribu per bulan. 

"Padahal kerjanya delapan jam dan disuruh lembur juga tapi hanya dibayar Rp500 ribu," ucap Iqbal. 

Selain peningkatan kesejahteraan buruh perusahaan, Iqbal juga meminta agar pemerintah lebih memperhatikan pengemudi ojek online. Pemerintah saat ini tengah mengkaji aturan tentang keberadaan ojek online yang menjadi transportasi umum. 

Iqbal berharap regulasi tersebut mengatur jaminan asuransi dan batas tarif yang berhak diperoleh pengemudi. 

"Kita minta bonusnya dinaikkan, kalau sekarang Rp2.500 per kilometer naik jadi Rp4.000 sampai Rp5.000 per kilometer," ucapnya. "Harus ada perlindungan juga lewat BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan karena ini wajib," ujar Iqbal.

Undang Prabowo

KSPI adalah serikat buruh yang telah menyatakan dukungan kepada Prabowo Subianto. Usai demo nanti, KSPI juga berencana mengundang Prabowo dalam deklarasi tuntutan buruh di Sport Hall, Kelapa Gading, Jakarta. 

Deklarasi itu sekaligus menjadi perayaan hari lahir Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia yang jatuh pada 6 Februari. 

"Siang harinya akan ada perayaan dan kami undang capres Prabowo. Sampai hari ini beliau mengkonfirmasi bersedia hadir dan kami akan sampaikan isu-isu dalam aksi itu di hadapan Prabowo," kata Iqbal.

Show comments
Hide comments
Tidak ada komentar:
Write comment

BERITA TERBARU

Back to Top