Aplikasi SIM Kesra di Karawang Belum Aktif

PELITAKARAWANG.COM - Sistem Informasi Kesra (SIM Kesra) yang merupakan aplikasi untuk input data guru ngaji, masih belum aktif. 

Sistem untuk menangkal double data antara guru ngaji dengan guru DTA tersebut, ditunggu pihak kecamatan untuk verifikasi data update guru ngaji di desa-desa.

Kasie Kesos Kecamatan Tempuran, Ade Sopandi mengatakan, di Tempuran data tahun lalu ada 179 guru ngaji yang menerima insentif dari Pemkab. 

Namun, menangkal dobel data, mana guru DTA dan mama guru ngaji, Pemkab Karawang luncurkan SIM Kesra sebagai aplikasi valid terverifikasi untuk memetakan guru ngaji yang akan dapatkan insentif tahun ini. 

Cukup input nomor induk kependudukan (NIK) guru ngaji, desa-desa langsung melaporkan ke Kecamatan untuk kemudian di verifikasi sesuai syarat validasi, yaitu benar guru ngaji, punya murid, jadwal pengajian dan lainnya. Setelah verifikasi, pihaknya seleksi lagi, jadi kuota dari 179 orang itu bisa bertambah, bisa juga berkurang. " Ya belum aktif, kita menunggu aktif dulu SIM kesranya, baru menunggu laporan dari desa," Katanya.

Ade menambahkan, semua desa dan kesra sudah dilatih aplikasi ini, sebenarnya saran Ade, desa tidak perlu input SIM Kesra karena jumlah guru ngaji Perdesa biasanya kurang dari 10 - 20 orang saja. 

Tapi, karena mulai dari desa dan kecamatan sama-sama masuk ke Sim kesra, jadi harus bisa sama-sama input. Secara manual sebut Ade, guru DTA dan guru ngaji jangan doubel , apalagi kalau sudah aplikasi, nanti akan terdeteksi lewat nomor NIK, dimana dua-duanya insentifnya terpisah. "Terpisah, jadi NIK guru Ngaji yang di input akan terdeteksi kalau jadi penerima insentif DTA juga," Ungkapnya.

Lebih jauh ia berharap, dengan SIM Kesra ini, semoga validasi guru ngaji nanti bisa benar-benar tepat sasaran. Pihak kecamatan dan desa, masih menunggu pengaktifan aplikasi ini sambil pendataan ulang, baik yang lama maupun yang baru. " Nanti desa yang mendata, mana yang lama dan baru bisa di input. Tinggal menunggu aplikasinya aktif saja," Ujarnya

Tidak ada komentar