Audio CVR Lion Air Jelas, KNKT Mulai Transkrip Percakapan di Kokpit


PELITAKARAWANG.COM - Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) sudah mengunduh (download) CVR Lion Air PK-LQP. KNKT menyebut audio CVR pesawat yang jatuh di perairan Karawang, Jawa Barat, itu bagus.

"Oh audionya bagus, tapi kan cangkangnya terlepas, tapi masih bagus. Kita kan ambil memorinya, mengeringkan, bersihkan, menaruh di unit yang bisa download audionya sampai bisa keluar," kata Ketua KNKT Soerjanto Tjahjono di Kantor Kemenko Maritim, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Senin (21/1/2019).



KNKT sampai saat ini masih mentranskrip pembicaraan dari CVR tersebut. Menurut Soerjanto, CVR tersebut merekam pembicaraan selama dua jam sebelum pesawat jatuh.

"Transkripnya belum. Karena kita masih filter-filter, kita usahakan ya sambil berjalan sambil investigasi. Sambil analisa juga. Ketika pilotnya ngomong habis belanja, habis makan sate di Sabang, ya nggak kita taruh di report. Tapi yang berkaitan tentang kecelakaan ya kita taruh di report," papar Soerjanto.



"Dua jam, dari saat terakhir kecelakaan mundur ke belakang. Karena kalau electrical-nya di-on-kan otomatis CVR terekam. Kita nggak tahu rekaman yang di belakang itu apa. Kita yakin rekaman di belakang itu masalah maintenance saja," imbuhnya.

Tim SAR gabungan menemukan CVR Lion Air PK-LQP pada Senin (14/1) di perairan Karawang. Selain CVR, tim SAR juga mengangkat body part berupa tulang diduga milik korban Lion Air.



sumber : detik.com
Diberdayakan oleh Blogger.