PELITAKARAWANG.COM - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika mengeluarkan peringatan dini agar mewaspadai potensi hujan disertai angin kencang, petir atau kilat di 14 daerah untuk wilayah Jawa Barat pada Selasa yang merupakan hari pertama tahun 2019.

Peringatan dini waspada potensi hujan yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang di sebagian wilayubang, Indramayuah S, Sumedang, Majalengka, Kuningan, Cirebon, Bogor, Sukabumi, Cianjur, Bekasi, Sumedang, Bandung, Pangandaran, Ciamis antara sore hingga menjelang malam hari.

Kepala Stasiun Geofisika Bandung, Tony Afus Wijaya di Bandung, Selasa mengatakan prakiraan cuaca di wilayah Jawa Barat berlaku mulai 1 Januari 2019 ialah pada pagi hari secara umum cerah berawan hingga berawan dan berpotensi hujan ringan di sebagian wilayah Bekasi dan Sukabumi.

Kemudian antara siang dan sore harinya, kata dia, secara umum berawan dan berpotensi hujan ringan hingga sedang di sebagian wilayah Bogor, Sukabumi, Bekasi, Karawang, Cianjur, Bandung, Garut, Tasikmalaya, Ciamis, Majalengka, Sumedang, Indramayu, Kuningan, Cirebon.

Untuk malam harinya, secara umum berawan dan berpotensi hujan ringan hingga sedang di wilayah Subang, Indramayu, Cirebon, Kuningan, Majalengka, Sumedang, Sukabumi, Cianjur, Bekasi, Karawang, Ciamis, Pangandaran serta pada dini harinya secara umum berawan.

Sedangkan untuk suhu udara wilayah Jawa Barat bagian utara ialah 22 hingga 34 derajat celsius dengan kelembapan udara 60-95 persen.

Suhu udara wilayah Jawa Barat bagian Selatan 19 hingga 33 derajat celcius dengan kelembapan udara 60-95 persen.#ANT