BPMPD Karawang:Calon Kadea PAW Dibatasi Tiga Orang saja

PELITAKARAWANG.COM - Tahun ini ada dua desa yang akan menyelenggarakan Musyawarah Desa (Musdes) yang mengagendakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Pergantian Antar Waktu (PAW), yaitu selain Desa Kamojing, juga Desa Jayanegara Kecamatan Tempuran. Mengacu pada Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 26 tahun 2016, selain menentukan Pjs Kades dari ASN, teknis pemilihan dalam Musdes tersebut di atur secara teknis, baik kepesertaan maupun batasan kuota Calon Kades PAW.

Kasie Tata Kelola Pemerintahan Desa DPMPD Karawang Andry Irawan mengatakan, tahun ini selain Kamojing, desa yang akan Musdes adalah Desa Jayanegara Kecamatan Tempuran. Berbeda dengan Jayanegara, di Desa Kamojing sudah terisi sementara oleh Penjabat Sementara (Pjs) dari kalangan PNS. Musdes sendiri adalah kegiatan yang di selenggarakan oleh BPD, di fasilitasi oleh pemerintah desa dan di akui oleh masyarakat, untuk bahas isu strategis, salah satunya pemilihan Kades PAW ini. Anggaran untuk Musdes tersebut juga sudah diajukan dimana masing-masing Rp25 juta, tapi soal waktu penyelenggaraan Musdes ini tentatif, karena Pjs yang di SK Kan Bupati setelah turun surat pemberhentian Kades lama, memiliki tugas menyelenggarakan Musdes PAW Kades selambat-lambatnya 6 bulan. Melihat Kamojing yang sudah ada Pjs, dan Jayanegara sedang dalam proses, nampaknya kedua desa ini tidak akan terselenggara bersamaan . " Tahun ini dua desa yang selenggarakan Musdes, pertama Kamojing dan kedua Jayanegara," Katanya.

Dalam Perbup Nomor 26 tahun 2016 sambung Andry, tertera di pasal 7 soal siapa saja yang masuk kepesertaan Musdes, yaitu Semua anggota BPD, Pjs Kades dan Perangkat Desa, unsur masyarakat yang terdiri dari tokoh agama, tokoh pendidikan, tokoh tani dan tokoh perempuan disetiap RT dan dari ,tokoh masyarakat desa seperti Ketua RT, Ketua RW, Karangtaruna, PKK, Posyandu, KPMD, LPM dan Linmas. Sehingga kalau ditotal-total di Jayanegara misalnya, kepesertaan Musdes tersebut sedikitnya 64 orang atau suara nantinya. Terlepas dari hal itu, tugas saat nanti Pjs Kades sudah di SK kan, adalah memfasilitasi BPD untuk membentuk kepanitiaan yang diambil dari sejumlah unsur masyarakat dan perangkat sebanyak 7 orang dan menjalan tugas sebagaimana tupoksinya.." peserta Musdes itu diatur dalam Perbup, melihat Jayanegara mah kita hitung ada sedikitnya 64 peserta," Katanya.

Lebih jauh ia menambahkan, calon kades di Musdes, beda dengan calon kades Pilkades pada umumnya, karena dibatasi 3 orang dan sedikitnya 2 calon sebagaimana teknis dalam Perbup. Mengantisipasi calon lebih dari 3 sambungnya, maka Panitia siapkan panti uji yang bisa melibatkan Pemkab dalam seleksi calon kades PAW tersebut. Terlepas dari hal itu, saat ini pemerintah desa harus tetap fokus saja dulu melaksanakan tugas-tugas di pemerintahan desa, termasuk saat ada Pjs sekalipun nantinya. Karena, waktu penyelenggaraan Musdes masih belum ditentukan, karena dalam ketentuan adalah selambat,-lambatnya di gelar setelah turun terhitung SK pemberhentian Kades lama. " Kalau Musdes mah calon paling banyak ,3 dan sedikitnya 2 orang, maka kalau lebih ya ada seleksi," Pungkasnya. 

Tidak ada komentar