Bupati Bakal Anggarkan Biaya UKW Ke -3 PWI Karawang

PELITAKARAWANG.COM.- Banyaknya media massa yang belum terverifikasi menjadi sorotan oleh Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana. Bupati mengharapkan wartawan yang tergabung dalam PWI bisa membuat karya jurnalistik yang berimbang. Terlebih dalam peningkatan kualitas wartawan dengan uji kompetensi wartawan (UKW) perlu dilakukan. Oleh karenanya Bupati Karawang bakal menganggarkan Rp150 juta untuk UKW PWI Karawang.

"Kalau biaya UKW 1 orang bisa mencapai Rp1.500.000,- pemerintah bisa membantu biaya UKW 50 sampai 70 orang wartawan. Sekitar Rp150 juta bisa kita anggarkan untuk UKW ke-3 PWI Karawang agar menjadi contoh bagi yang lainnya," kata Bupati Karawang dalam sambutannya.

Lanjut Bupati, melalui peningkatan kualitas wartawan dapat melawan hoaks atau berita bohong yang berbahaya.

"Wartawan yang memberi masukan, menampung aspirasi masyarakat dan melakukan klarifikasi info tidak benar yang tersebar di masyarakat," tuturnya. 

"Juga tak lelah melakukan verifikasi di lapangan terkait isu yang berkembang," Cellica menambahkan. 

Sebab, kata dia, tak sedikit dari media abal - abal yang menyebarkan berita sepihak, tidak disiplin verifikasi bahkan berita bohong. Ia berharap, para wartawan PWI bisa bekerja profesional, membuat produk jurnalistik yang berimbang, dan disiplin verifikasi. 

Jumat 25 Januari 2019, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Karawang menggelar pelantikan pengurus periode 2018-2021. Mengusung tema Regenerasi Wartawan yang Tangguh dan Kompeten, diharapkan pengurus baru membawa angin segar dan membawa anggota lebih baik dalam segala aspek. 

"Kami mengajak pengurus dan rekan - rekan untuk terus meningkatkan kompetensi dan profesionalisme sebagai wartawan dan menangkal berita hoax," kata Aep Saepullah, Ketua PWI Karawang yang baru. 

Ketua PWI Jabar Hilman Hidayat menyoroti pertumbuhan media masaa yang amat masif. Berdasarkan catatannya, ada 43 ribu media online dan akan cenderung bertambah. "Sedangkan yang terverifikasi dewan pers baru 300an," kata Hilman. 

Acara diawali dengan menyanyikan lagu 'Indonesia Raya' dan mendengarkan mars PWI. Bupati Karawang, Cellica Nurrachadiana juga hadir di lokasi pelantikan dengan didampingi Kapolres Karawang AKBP Slamet Waloya, Dandim 0604 Karawang Letkol Inf Endang Sumardi dan Kepala Kejaksaan Negeri Karawang Rohayatie.

Diberdayakan oleh Blogger.