Camat Suwandi Ajukam Anggota Pol PP Jadi Pjs Kades Jayanegara

PELITAKARAWANG.COM -  Mengisi kekosongan kursi Kades Jayanegara setelah ditinggal meninggal Kades Suwanda, Camat Tempuran Suwandi S.IP ajukan anggota Pol PP dari PNS Kecamatan yang juga mantan Sekdes Jayanegara Cacam,  sebagai Penjabat Sementara (Pjs) Kades. Ajuan yang sudah dilayangkan sepekan terakhir itu, tinggal menunggu Disposisi DPMPD dan Bupati untuk meng SK kan Pjs Kades yang akan bertugas 6 bulan kedepan dalam mempersiapkan Musyawarah Desa (Musdes) Pemilihan Kades Pergantian Antar Waktu (PAW) yang belum ditentukan waktunya.

" Iya, kita sudah ajukan atas beragam pertimbangan, lagi pula Pak Sacam ini berpengalaman jadi Pjs Kades di Jayanegara, karena putra daerah asli Desa tersebut, " Kata Camat Tempuran Suwandi S.IP

Kasie Pemerintahan Kecamatan Tempuran Encep Supriyadi mengatakan, selain laporan meninggal dunia Kades Jayanegara, ajuan pengisian kekosongan Kades di desa perbatasan Lemahabang tersebut, juga sudah di layangkan dengan menunjuk anggota Pol PP Kecamatan, Cacam sebagai Pjs Kades yang waktu pelantikannya tentatif menunggu SK Bupati. Hak dan wewenang Pjs, sama dengan Kades definitif pada umumnya, ketimbang Plh yang saat ini dijalankan oleh Sekdes setempat. Sehingga, roda pemerintahan Desa Jayanegara bisa kembali optimal, baik pelayanan termasuk ajuan dan pencairan dana transfer desa. Hanya saja, pencairan yang berhubungan dengan keuangan desa, tentu harus ganti lagi spesimen bank atas nama Pjs baru nantinya. " Soal pelantikan menunggu SK Bupati turun dulu, tentatif itu mah, yang jelas kalau ada Pjs kan setidaknya bisa optimal lagi," Ujarnya.

Cacam Satpol PP Tempuran

Pjs Baru nantinya, sebut Encep, bertugas selama 6 bulan dan mempersiapkan Musdes PAW Kades yang jadwalnya nanti diatur Pemkab dengan anggaran hibah Rp25 juta. Ia berharap, masyarakat Jayanegara tetap stabil dan kondusif. Jangan termakan isu-isu instan jadi Kades baru yang hanya menjabat setahun lagi , karena pihak Kecamatan hanya fokus pada persiapan disposisi Pjs Kades Jayanegara terlebih dahulu " Pjs baru nanti tugasnya 6 bulan, bahkan bisa diperpanjang, selama itu persiapkan diri untuk Musdes PAW," Katanya.

Ditemui di ruang kerjanya, Anggota Pol PP Kecamatan Tempuran mengaku sudah tahu bahwa namanya yang masuk daftar ajuan untuk mengisi jabatan Pjs Kades. Baginya, siap-siap saja diberikan tugas baru sebagai Pjs, karena masa transisi Jayanegara juga ia sudah jadi Pjs dua kali di desa ini, karena lama menjabat Sekdes PNS di Desanya sendiri. " Iya, kalau diberi kepercayaan lagi, inysa Allah siap ," Katanya.

Diberdayakan oleh Blogger.