Senin, Januari 14, 2019

Di Tahun 2019 Honor Linmas Naik Gocap

 

PELITAKARAWANG.COM.- Petugas  Pelindung Masyarakat (Linmas) Desa bisa merasakan kenaikan honornya ditahun ini dari Markas Komando (Mako) Pol PP. Jika biasanya dihonor Rp175 ribu perbulan, mulai tahun 2019, honor mereka naik Rp50 ribu menjadi Rp225 ribu diluar Alokasi Dana Desa (ADD) dan Dana Bagi Hasil (DBH).

Kasie Trantibum Kecamatan Cilamaya Wetan, H Eeng Haerudin mengatakan, saat ini, format pembuatan sk linmas periode tahun 2019 sesuai surat edaran terbaru dari Mako Polpp harus segera di isi para Kades, mulai penambahan kolom tentang Nomor KTA,  Dikklat kelinmasan maupun lainnya. SK Linmas ini dikumpulkan paling lambat awal februari 2019, karena akan direkap di mako untuk diserahkan datanya ke tingkat Propinsi. " Kita sedang pendataan dulu untuk kebutuhan provinsi, sesuai arahan bagi yang membutuhkan file SK Linmas dapat mnghubungi pihaknya dan yang bisa download file dari WA silakan diunduh pada file," Ujarnya.

Soal honor, sebutnya, anggota Linmas ada kenaikan ditahun ini menjadi Rp225 ribu dari biasanya Rp175 ribu perbulan,itu dana diluar ADD dan Dana Bagi Hasil (DBH). Dana dari Mako ini dibatasi, dimana per desa hanya 10 Linmas saja yang di cover honor dari Mako ini, walaupun kadang-kadang di desa ada yang jumlah Linmasnya belasan, sehingga cukup tidak cukup, lain-lainnya di cover dari anggaran lainnya. Awalnya sambung Eeng, honor Linmas dari berbagai sumber tersebut ada di DPA Mako, hanya untuk efisiensi dan efektifitas pembayaran akhirnya diserahkan DPA masing-masing kecamatan. " Iya, taun ini naik Rp50 ribu, jadi dari Mako itu akan diterima Rp225 ribu perbulan, itu hanya untuk mengcover 10 orang saja linmas disetiap desa," Katanya.

Sekretaris Desa Talagasari, Ono Rustono mengatakan, selain dari Mako, sumber anggaran Linmas tahun ini juga mengalami kenaikan dari Alokasi Dana Desa (ADD), biasanya dari ADD Rp50 ribu, tahun ini naik Rp100 ribu jadi Rp150 ribu perbulannya. Sumber lain untuk Linmas adalah dari Dana Bagi Hasil (DBH) Pajak dan retribusi daerah, ada tambahan dari DBH ini sebagai stimulan Rp50 ribu perbulannya " Selain dari Mako, sumber lain untuk Linmas itu ada di ADD dan DBH," Ujarnya.

Show comments
Hide comments
Tidak ada komentar:
Write comment

BERITA TERBARU

LEGISLATIVE KARAWANG

Back to Top