Forum Sekdes Jamin Siskeudes Sudah Mampu di Aplikasikan

PELITAKARAWANG.COM -   Tahun ini, singkronisasi semua perencanaan, dana transfer desa, pagu dan laporan dalam Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) di jaminkan Forum Sekretaris Desa, bisa teraplikasikan optimal. Selain semua Sekdes sudah dianggap matang penguasaan teknologi, format dan input datanya, juga sudah siap.

Dikatakan Ketua Forum Sekdes Karawang, Ono Rustono, petunjuk teknis  untuk semua pagu anggaran, sekarang ini sudab disinkronkan dengan siskeudes, Karena baik admin pusat dan admin Kabupaten sudah menyesuaikan dengan Juknis tersebut yang hasilnya dituangkan dalam bahasa parameter output kegiatan. Soal kesulitan dalam input Siskudes, diakui Ono, mungkin ada hanya saja tidak terlalu signifikan. Karenanya, dampak pelatihan dan pembinaan dirasakan para Sekdes cukup jitu untuk lebih menguasai Siskeudes yang fleksibel dan transparan. "Juknis semua pagu anggaran sekarang sudah harus singkron dengan siskeudes," Katanya.

Pendamping Desa Kecamatan Telagasari, Didin Sakri Chaerudin mengatakan, soal Siskeudes ini,  Sebagian perangkat dan Sekdes sudah faham karena sudah ada bimbingan di kecamatan, bahkan setiap kecamatan sudah menyelenggarakan bimbingan menyeluruh, soal serapan pemahaman tergantung masing-masing. Tapi ia yakin, memang Siskeudes ini sudah dua tahun ada, dan matang di aplikasikan tahun ini. Sebab, jika masih manual, setiap pencairan dipastikan akan selalu terhambat, karena semuanya sudah harus Siskeudes. " Kalau gak Siskeudes, ya pencairan jadi terhambat setiap dana transfer desa nantinya," Kata Didin.
Diberdayakan oleh Blogger.