Rabu, Januari 16, 2019

Pensiunan PNS Harus Jeli Kata Presiden Jokowi

 

PELITAKARAWANG.COM. - Presiden Joko Widodo mengatakan, dalam menjalankan usaha sering kali para pelaku mengalami kesulitan untuk memasarkan produknya. Karena itu sebelum memutuskan bidang usaha yang digeluti, harus dipelajari dulu peluang dan pasar yang ada.

Pesan itu disampaikan Jokowi, saat bertemu dengan para peserta program kewirausahaan Aparatur Sipil Negara (ASN) PT Taspen, di Sentul International Convention Center, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (16/01).

"Kalau membuat sebuah produk itu lihat pasarnya dulu, karena yang paling sulit itu di pemasarannya. Bapak dan ibu mungkin memproduksi bisa tapi menjualnya itu yang betul-betul harus dilihat ke mana," kata Jokowi.

Menurut mantan wali kota Solo itu, peluang usaha masih terbuka lebar di tengah masyarakat, dan akan mendatangkan keuntungan bila jeli dalam melihatnya. Apalagi jumlah penduduk negeri ini merupakan pangsa pasar yang sangat besar.

Hanya saja, kata Jokowi, masih banyak jenis produk di pasar lokal yang diisi dengan produk-produk luar, padahal bila produk lokal tersebut dikemas dan dipasarkan dengan baik, maka akan memiliki peluang yang sama untuk dapat bersaing di pasar sendiri maupun luar.

"Beberapa produk di Indonesia ini masih diisi dengan produk dari luar. Saya mengajak marilah itu kita ganti dengan produk-produk kita sendiri," tuturnya.

Jokowi juga meminta ASN yang akan memasuki purnatugas maupun pensiunan yang ingin memulai usaha untuk memanfaatkan betul program kewirausahaan dari PT Taspen. Sebab akan ada pendampingan dan pelatihan bagi peserta untuk memulai dan mengembangkan usahanya.(fat/jpnn).

Show comments
Hide comments
Tidak ada komentar:
Write comment

KABAR KRIMINAL

Banner

BERITA TERBARU

Untuk Menghubungi Admin.

Back to Top