PILKADES 2019 di Anggarkan Rp3.3 Milyar

PELITAKARAWANG.COM - Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) 2019 yang kemungkinan akan digelar di akhir tahun, sudah keluar pagu indikatif anggarannya sebesar Rp3,3 Milyar. 

Angka itu, di peruntukan bagi biaya pemilihan di 45 Desa yang terdiri dari angkatan 33 dan angkatan 12 yang habis masa jabatannya di tahun ini.  Anggaran terbesar Pilkades 2019 mengucur ke Desa Purwasari dengan kisaran Rp130 juta, dan terkecil Desa Rawasari Kecamatan Cilebar dengan pagu Rp51 juta.

Kasie Tata Kelola Pemerintahan Desa DPMPD Karawang Andry Irawan mengatakan, yang di munculkan dalam pagu itu sifatnya masih indikatif sebagai keperluan desa-desa dalam penyusunan APBDes saja. Karena menurut rencana,Pilkades 2019 tahun ini, ada 33 Kades yang SK nya habis bulan Juli, dan 12 Kades habis di bulan Desember. "Itu masih anggaran indikatif saja, dimunculkan untuk keperluan APBDes bagi desa yang akan Pilkades tahun ini," Ujarnya.

Kepala DPMD Karawang Ade Sudiana mengatakan, itu hanya penganggaran perencanaan saja yang masih menggunakan data di Pilkades sebelumnya. Sehingga, dengan anggaran indikatif yang di munculkan itu desa-desa tinggal persiapan saja memasukannya ke Pos ApBdes." Pagu indikatif saja, sebagai persiapan desa-desa ,karena pada saatnya nantiasih memungkinkan bertambah atau bahkan berkurang," Katanya.

Sekdes Talagasari, Ono Rustono mengaku sudah menerima data pagu indikatif Pilkades di Desanya tersebut, itu sebutnya, akan jadi acuan untuk dimasukan ke Pos APBDes 2019 ini. " Iya itu kita masukan ke Pos APBDes," Katanya.

Pagu Indikatif Pilkades 2019 :
- Jumlah Desa 45 
- Jumlah Anggaran Rp 3.327.900.000
- Desa Terbesar alokasi : 
   Desa Purwasari Rp130.500.000
- Desa Terkecil alokasi : 
   Desa Rawasari Kecamatan Cilebar
   Rp51.600.000
Posting Komentar