PKL di Lokasi Proyek PLTGU Belum Steril

PELITAKARAWANG.COM - Pedagang Kaki Lima (PKL) di sekitar area komplek proyek Pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Gas dan Uap (PLTGU) Jawa 1 di Pangkalan Desa Cilamaya, masih belum steril Kamis (17/1). Padahal, akses jalan milik Pertamina Gas Distrik Cilamaya tersebut, sudah menjadi sasaran lalu lalang kendaraan berat proyek setiap hari.

Kepala Pertamina Gas Distrik Cilamaya Yono mengatakan, akses jalanan yang biasa digunakan para PKL seharusnya mulai disterilkan seiring dengan banyaknya volume kendaraan berat yang mulai melintas di lokasi tersebut. Bukan apa-apa sebut Yono, ini demi keselamatan para PKL sendiri, karena khawatir tertimpa alat berat dan debu tidak sehat saat dilintasi kendaraan proyek. 

Bahkan, sejak dimulainya proyek PLTGU Jawa 1 ini, sebut Yono, jumlah PKL diakuinya semakin banyak, karena memang para pekerja proyek juga sering jajan, makan minum di PKL yang tersedia di pinggir -pinggir jalanan. Itu sebutnya, semoga bisa diatur pihak PT Jawa Satu Power (JSP) untuk melokalisasi PKL agar tidak mengganggu aktivitas kendaraan, maupun ancaman keselamatannya." Lokalisasi itu nanti semoga bisa di atur sama JSP, karena banyak Truck bisa membahayakan kecelakaan kerja para PKL," Katanya.

Yono juga menyarankan, sebaiknya pemerintah memberikan ruang khusus untuk orang jualan, agar tertib, bersih dan rapi atau juga pemerintah bekerja sama dengan perusahaan seperti JSP misalnya  untuk relokasi di tempat yg aman, sebab proyek Jawa 1 ini  beresiko tinggi dan bahaya, utamanya juga pada anak-anak di sekitaran lokasi. Jadi relokasi itu justru sayang sebenarnya sama masyarakat, jangan dekati bahaya apalagi truk-truk besar. Tanpa insiden, proyek lancar. Nanti setelah proyek selesai,  ia ajak agar ditata kembali tata ruangnya." Pemerintah ada baiknya berikan ruang khusus, karena kita tahu bersama bahwa proyek ini beresiko tinggi," Ujarnya.

Kaur Trantib Desa Cilamaya Wahyu mengatakan, pihaknya belum memonitor lebih jauh kaitan keberadaan PKL disekitaran area proyek PLTGU. Memang seharusnya steril agar tidak mengancam keselamatan kerja, baik pekerja proyek maupun PKL itu sendiri, seiring dengan derasnya lalu lalang Truck yang volumenya akan semakin banyak, sebenarnya sterilisasi PKL sudah diberlakukan, tapi masih ada beberapa yang mungkin masih bertahan." Kita belum monitor lebih jauh, memang kalau gak steril bahaya juga sih," Katanya. 
Diberdayakan oleh Blogger.