Pol Air Karawang Sisir Laut Cari Kapal Sawit Hilang Kontak di Perairan Karawang

PELITAKARAWANG.COM  - Kapal bermuatan crude palm oil (CPO) atau minyak sawit mentah, MT Namse Bangdzod,  dilaporkan hilang saat perjalanan dari Sampit Kabupaten Kotawaringin Timur Kalimantan Tengah menuju Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta Utara. 


Hilangnya kontak kapal yang diawaki satu nakhoda dan 11 anak buah kapal tersebut, membuat jajaran Pol Air Polres Karawang, ikut serta bagian menyisir laut mencari kapal yang diduga juga melintasi perairan Karawang - Bekasi tersebut.

Kasatpol Air Polres Karawang AKP Sitorus mengatakan, Informasi yang ia terima, kapal MT Namse Bangdzod bermuatan sawit, diduga hilang kontak sejak Senin sore (7/1). 

Sejak Selasa pagi buta, pihaknya langsung melakukan pencarian di sepanjang perairan Karawang, karena jalur lintasan nya dari Kalimantan ke Tanjung Priok itu lewati laut Karawang - Bekasi. 
Pihaknya bersama aparat Pola Air sisir langsung sejumlah koordinat titik di laut Karawang, seperti Perairan Ciparage, Betokmati, Sungai Buntu, Sedari hingga Tanjung Pakis untuk memastikan apakah betul kapal tersebut, hilang kontak. Yang jelas hingga Selasa siang, pihaknya masih belum menemukannya". Kita belum menemukannya, masih dalam pencarian, " Katanya.

Polisi Khusus (Polsus) Kementrian Kelautan dan Perikanan, wawan Setiawan mengatakan, sampai sejauh ini pihaknya masih menunggu informasi lanjutan kaitan hilangnya kapal muatan sawit asal Kalimantan yang melintasi perairan Karawang. 

Perlu diketahui, perairan Karawang sendiri memang, jadi route kapal-kapal dari arah barat menuju Tanjung Priok dengan lokasinya berada di 12 mil. Bahkan, kapal yang melintasi laut Karawang untuk bisnis dan perdagangan ini banyak yang muatan 3000-100000 Dead Weight Ton (DWT).
"Kita masih menunggu informasi lanjutan, memang Karawang itu di 12 mil ada perlintasan kapal dari arah barat menuju Tanjung Priok," Katanya.
Diberdayakan oleh Blogger.