Seorang Lansia di Karawang Melawan Stroke Sendirian

PELITAKARAWANG.COM.- Kakek lansia penderita Stroke berusia 70 tahun asal Pasirkamuning RT 01/01 Kecamatan Telagasari, tergolek sakit seorang diri di gubuknya setiap hari. Setelah ditinggal istrinya beberapa tahun terakhir, Mamat yang tinggal seorang diri tanpa anak dan sanak saudara ini, menyita perhatian para tetangga dan para pejabat Muspika Kecamatan Telagasari.

H Asep Saepul Bahri, Kepala Puskesmas Telagasari mengatakan, Kondisi bah Mamat memang memprihatinkan, ditengah kondisi rumah yang kurang sehat, dia harus hidup sendirian dengan rasa sakit yang di deritanya. Namun, setelah ada intervensi melalui kegiatan kunjungan rumah oleh Puskesmas Telagasari terhadapnya, ia pastikan kondisi bah Mamat semakin membaik. Layanan yang diberikan oleh Tim Puskesmas berupa pemberian asuhan keperawatan, pemeriksaan medis oleh dokter dan pelayanan khusus Lansia berupa melatih kembali motoriknya dengan secara rutin, dilakukan untuk kembali memulihkan otot-otot  dan syaraf yang lemah dari dampak stroke yang di deritanya. Sebenarnya sambung Asep, Bah Mamat bisa kembali pulih bila mendapat dukungan dari keluarga atau warga sekitar utk proses pemulihannya ini, hanya saja, karena bah Mamat ini hidup dirumah sendirian, jadi  memperlambat proses penyembuhan nya, sehingga tidak ada peran orang lain yang bisa membantu Bah Mamat. Tapi hal ini tidak akan menjadi masalah apabila bah Mamat memiliki motivasi dan semangat untuk bisa kembali mampu hidup mandiri, " jadi saat ini tim puskesmas disamping memeriksa secara rutin dan memberikan layanan kesehatan Bah Mamat, kami juga berperan mensuport bah Mamat untuk tetap semangat dan mampu melatih kemampuannya melakukan gerakan-gerakan ringan agar menstimulus syarag dan otot-ototnya," Katanya.

Pada saat kunjungan hari Sabtu 12/1 kemarin, Asep meneruskan,  Januari  tim Puskesmas Telagasari yang menurunkan dokter Puskesmas, Perawat Puskesmas dan Programer Lansia tidak hanya memeriksa bah Mamat,  tetapi sekalian memberikan bantuan hasil sumbangan yang dikumpulkan dari para karyawan Puskesmas Telagasari. Adapun bentuk bantuan yang diberikan berupa pakaian bekas masih layak pakai, perlengkapan makan, perlengkapan mandi, makanan dan buah-buahan serta susu juga ada sedikit uang tambahan. Diharapkan ini akan mendorong kepedulian dari pihak lainnya untuk membantu Bah Mamat. Karena kondisi yang tidak kalah penting adalah tempat tinggalnya yang perlu direhab total, karena rumah yang sekarang ditempati sungguh kurang layak dan akan sangat mengancam kesehatannya. " Bersama Camat dan Tim Puskesmas, kita turun langsung intervensi kesehatannya, sekaligus membantu alakadarnya dari penggalangan dana yang di himpun ," Ujarnya.

Bah Mamat, dengan nada terbata-bata menghaturkan terimakasih dan senang atas kunjungan Camat bersama dokter Puskesmas. Dirinya yang mengandalkan uluran para warga sekitar tersebut, sedikit bisa semangat untuk bisa sembuh lagi. " Hatur nuhun pisan, semoga selalu sehat dan berkah rizki bapak ibu," Ujarnya. 

Diberdayakan oleh Blogger.