SMA di Karawang Evaluasi Simulasi UNBK

PELITAKARAWANG.COM - Bagaimana rasanya jika semua manajemen sekolah sibuk mempersiapkan media dan teknologi untuk simulasi UNBK Senin (28/1) ini kemudian batal?, Tapi hal inilah yang terjadi dilapangan. Pasalnya, alih-alih simulasi tidak serentak di hari yang sama,  Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) memberlakukan istilah periode 1 dan priode 2 yang ditangkap berbeda pihak sekolah. Akibatnya, ada SMA yang melangsungkan simulasi UNBK pada Senin 28/1 (Priode 1), ada juga yang baru singkronisasi Minggu malam dan dinyatakan masuk di ( Priode 2) Senin 4 Februari mendatang.

"Banyak yang gagal faham soal penggunaan istilah periode, karena sebelumnya tidak. Jadi, yang semua sudah di siapkan, saat singkronisasi Minggu malam Pukul 23.00 WIB,  ternyata masuk priode ke 2, jadi kita simulasinya sebagaimana sistem berarti 4 Februari mendatang bukan hari Senin ini, " Kata Kasubag TU SMAN 1 Lemahabang Jaja Jalaludin.

Senada dikatakan Wakasek Kurikulum SMAN 1 Tempuran Syahrudin S.Pd, pilihan priode 1 dan priode 2 adalah dari pihak sekolah, hanya saja memang istilah itu jadi Miss. Sebab, mungkin priode 2 misalnya, dikira adalah simulasi ke 2, padahal istilah itu artinya simulasi ke 2 priode ke 2, sebaliknya priode 1 adalah Simulasi tahap ke 2 priode 1.



Pembagian waktu simulasi per sekolah ini, mungkin supaya tidak semua sekolah melangsungkan simulasi dalam satu waktu bersamaan. Persiapan sebut Syahrudin, sudah dilakukan, hanya saja pengunduran waktu di Priode ke 2 ini sudah di pilih memang jadi ada hikmahnya, sebab masih ada waktu bagi sekolah ngoprek instalasi yang kebocoran air hujan, sehingga persiapan simulasi di sekolahnya bisa lebih matang lagi." Pilihan mah yang menentukan sekolah masing- masing, jadi kita sengaja memilih periode 2 dengan alasan agar persiapan lebih matang, gak nyangka juga sih kirain hari ini," Katanya.

Kepala SMAN 1 Cilamaya, R Eman Sulaeman M.Pd mengatakan, Pihaknya stand by menunggu singkronisasi server , ternyata baru Senin pagi baru bisa sinkron. Pihaknya, dalam daftaran ternyata memang tidak ikut periode 1, karena simulasi UNBK SMAN 1 Cilamaya   ikut periode 2 yaitu tanggal 4 sampai 8 Februari mendatang. Itu, jadi pilihan sekolah." gak dadakan juga sih, cuman memang baru singkronisasi Senin pagi tadi, kita ikut simulasinya Senin 4 Februari mendatang," Katanya.

Berbeda dari SMAN 1 Lemahabang, Tempuran dan Cilamaya yang belum memulai simulasi UNBK akibat singkronisasi jadwalnya pada 4 Februari mendatang, sebanyak 452 siswa SMAN 1 Telagasari memulai simulasi UNBK yang dipilihnya pada periode 1 yang start Senin pagi (28/1)ini.

Kata Operator SMAN 1 Telagasari, Teguh Apriyanto, memang dalam aplikasi ada opsi ikut periode 1 dan priode 2, di SMA Telagasari yang baru singkronisasi Minggu malam pukul 23.00 WIB, jadwalnya di Priode 1 ini, yang artinya Simulasi tahap 2 sesi 1 . 

Dirinya tidak faham, bagi sekolah lain yang batal gelar simulasi UNBK Senin 28/1 ini, karena mungkin dalam jadwal pilihan awalnya juga priode 2. Memang, sebut Teguh, pilihan dengan istilah periode ini baru ada, sehingga membingungkan operator sekolah, namun demikian, simulasi tetap di gelar hanya beda waktu saja. Bagi SMAN Telagasari yang memulai Senin ini, semuanya berjalan lancar dengan 150 unit komputer di 6 ruangan dan 5 server, tidak ada kendala yang berarti, baik jaringan maupun konektivitas. Hanya saja, selama simulasi memang pihaknya sangat mendambakan PLN, karena belum ada alternatif Genset . " Kita simulasi hari ini, karena memang priode 1 pilihannya, mungkin Miss komunikasi saja," Ujarnya.

Tidak ada komentar