Tinjau Gudang Bulog, Jokowi: Stok Beras Tahun Ini Melimpah

PELITAKARAWANG.COM - Presiden Joko Widodo meninjau stok bahan pokok terutama beras di Gudang Perum Bulog Divisi Regional DKI Jakarta, Kelapa Gading, Jakarta Utara pada hari ini, Kamis (10/1). Dalam peninjauan itu, Presiden didampingi antara lain oleh Dirut Bulog Budi Waseso, Mendag Enggartiasto Lukita, Menko Perekonomian Darmin Nasution, Mensesneg Pratikno, dan Koordinator Staf Khusus Presiden Tetan Masduki.

"Hari ini saya ingin melihat secara langsung stok kebutuhan pokok di Bulog terutama beras," kata Jokowi.

Presiden mengatakan bahwa dari peninjauan terlihat bahwa stok beras pada akhir tahun 2018 hingga saat ini cukup banyak. "Dibandingkan tahun lalu, stok kita tahun ini memang berlipat," katanya.

Ia menyebutkan biasanya di akhir atau Desember, stok beras hanya 700 ribu-800 ribu ton. Tetapi, ungkapnya, di akhir Desember 2018 hingga saat ini stoknya mencapai 2,1 juta ton.

"Ini memang besar, dulu kalau sudah Desember segini, ini masih banyal sekali," kata Jokowi sambil menunjuk tumpukan karung beras di belakangnya.

Menurut dia, stok beras itu harus dipakai untuk menjaga agar harga bahan pokok terutama beras bisa sedikit turun. "Saya dapat info dari Dirut Perum Bulog dan kemarin saya cek ke pasar juga sudah turun sekitar Rp 50 per kg," katanya.

Ia menyebutkan penurunan itu karena Bulog sudah beberapa hari terakhir ini melakukan operasi pasar secara besar-besaran untuk beras. "Ini untuk memberi suplai di pasar dan masyarakat," kata Jokowi.#ANT
Diberdayakan oleh Blogger.