UMKM Masih Jadi Andalan Perekonomian

PELITAKARAWANG.COM-.Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) masih menjadi andalan mendorong perekonomian Indonesia. Pemerintah dalam hal ini, terus berusaha menyokong seluruh inovasi-inovasi dari UMKM.Hal tersebut ditegaskan oleh Menteri Ketenagakerjaan Muhammad Hanif Dhakiri.

"Kita juga tetap mendorong terutama mengenai penguatan SDM, dalam konteks ini berbagai bentuk pelatihan dan inovasi UMKM difasilitasi oleh pemerintah, sehingga karya maupun produk yang muncul punya daya saing di pasaran," ucap Hanif.

Hanif menuturkan memaksimalkan kinerja UMKM pemerintah juga memberikan bantuan permodalan melalui program kredit kecil usaha rakyat dengan menekan bunga kredit yang awalnya 21 persen, kini semakin menurun hingga tujuh persen.

"Angkanya macam-macam untuk program ini, paling tinggi Rp500 Juta, paling rendah Rp10 Juta dan ini sudah terserap oleh para pengusaha UMKM, yang lebih mengerti dalam hal ini Kemenko ya," bebernya.

Selain itu, pemerintah juga memfasilitasi penurunan pajak bagi pelaku usaha UMKM mulai dari satu persen hingga 0,5 persen.

"Kita berusaha, agar seluruh pengusaha UMKM ini terus bisa bertahan dan konsisten dalam menjalankan usahanya," paparnya.

Selanjutnya, masih menurut Hanif berbagai fasilitas terus mengalir bagi mereka hingga ke peningkatan skill dan bantuan tekhnologi tepat guna.

"Intinya, pemerintah membuka diri untuk bekerjasama dengan kelompok ini (UMKM). Kita akan terus berdayakan dan mendorong produktifitas," pungkasnya.

Diberdayakan oleh Blogger.