Waspada Musim Hujan, Domba-Sapi Kembung Mematikan

PELITAKARAWANG.COM - Musim penghujan bisa jadi pakan ternak domba seperti rerumputan jadi melimpah dan mudah di dapat,namun rumput basah akibat hujan yang di berikan pada domba dan sapi bisa menimbulkan bloat alias kembung, jika tidak di tiriskan terlebih dahulu, bloat pada dua jenis ternak tersebut, mengancam pada kematian.

Kesmavet Distanhutbunak Karawang,  drh Sugiharto mengatakan, ternak semuanya rentan dengan cuaca,  baik panas maupun hujan, utamanya ternak ayam. Namun, ternak domba dan sapi jangan dikira bagus saat musim penghujan, sebab asupan yang salah bisa menyebabkan kematian. 

Memang, sebut Sugiharto, musim hujan rumput sebagai pakan utama secara kuantitas tidak ada masalah,  namun perlu diperhatikan bila rumput basah, karena biasanya ternak domba dan sapi rentan terkena kembung atau bloat yang bisa mengakibatkan kematian. "Rumput gak ada masalah, yang kita khawatirkan domba dan sapi ini bloat karena makan rumput basah tanpa ditiriskan dahulu ," Katanya.

Sugiharto menambahkan, mengantisipasi itu,  bila peternak biasa mencari atau mengarit rumput sebaiknya tidak langsung diberikan ke ternaknya saat itu, cara yang lebih baik rumput didiamkan hingga kering dan baru besok harinya baru dikasih ke ternaknya. Dalam hal ini, bukan berarti  rumputnya yang berbahaya bagi kesehatan ternak, tapi kondisi rumput yang basahnya, sebab kebanyakan domba/sapi kena kembung akibat rumput basah ini. Untuk itu, sarannya  Peternak jangan langsung memberikan  rumput basah itu ke ternaknya, tapi didiamkan atau diangin-angin supaya kering. " Tapi Biasanya peternak yang pengalaman nyari rumput hari ini, tapi buat ternak dikasih besoknya, jadi aman begitu," Ujarnya.

Peternak Domba Qurban dan Aqiqah Haikal Cilamaya, Yayan S Mulyana mengatakan, biasanya saat musim kemarau, pakan ternak diakuinya sangat sulit didapat, bahkan harus sampai ke Perum Sukamandi Kabupaten Subang. Jikapun ada yang jualan, harganya cukup mahal, yaitu Rp35 ribu perkarungnya. 

Selama musim hujan, pakan rumput sedikit mudah ditemui, namun saat di parit, sebagai yang berpengalaman untuk kesehatan hewan, tentunya ia tidak langsung memberikan pakan tersebut pada Domba atau sapi, tapi membiarkan rumput itu sehari -2 hari dulu sebelum diberikan pada domba. 

Memang, domba itu rawan kembung kalau terlalu banyak air, ini rawan mematikan, khususnya anak-anak kambing yang kurang dari 6 bulan. " Kita tahu kembung itu membahayakan, utamanya kambing usia kurang dari 6 bulan, " Katanya.
Diberdayakan oleh Blogger.