Jumat, Februari 22, 2019

Bupati Karawang:Tempuran Memang Juara

 

PELITAKARAWANG.COM-Keberadaan sampah plastik semakin cantik di orientasikan menjadi usaha yang menghasilkan uang. Selain Bank sampah, aparat pemerintah desa di Kecamatan Tempuran,ramai-ramai menghimpun sampah berjamaah. Lewat komando Camat, sampah plastik yang di himpun tersebut, di jual dan jadi dana infaq untuk didistribusikan bagi kepentingan sosial di wilayah kecamatan Tempuran.

Camat Tempuran, Suwandi S.Ip mengatakan, sampah plastik utamanya bekas botol air mineral dan lainnya  diharapkan bisa selalu di himpun masyarakat, karena di setiap desa sedang disiapkan tempat sampah unik khusus plastik yang bernilai ekonomis ini. Karena, nantinya hasil penghimpunan sampah ini di jual dan hasilnya jadi dana sosial bagi masyarakat Tempuran yang membutuhkan. Infaq sebut Camat, tidak harus dengan uang, tapi dengan kerajinan masyarakat membuang sampah plastik ekonomis ini bisa jadi infaq, karena ikut serta membantu masyarakat yang kurang mampu. Memang, hasilnya ketika di timbang tidak seberapa, tapi kalau di himpun dari 14 desa di Kecamatan Tempuran, infaq sampah ini bisa menghasilkan pundi rupiah sebagai awal untuk mendistribusikan dana sosial bagi warga yang tidak mampu. " Infaq sampah ini disediakan disetiap desa, hasilnya akan jadi dana sosial bagi warga Tempuran itu sendiri," Kata Camat saat memberikan sambutan di acara Gebyar Paten perdana di Kecamatan Tempuran 2019 Kamis (21/2).

Bupati Karawang dr Cellica Nurachadiana mengatakan, inovasi dan keterampilan semacam ini yang patut di apresiasi, karena dengan infaq sampah ini setidaknya bisa membuat masyarakat antusias bahwa membuang sampah plastik bekas botol dan gelas air mineral ini, sudah berkontribusi manfaatnya bagi masyarakat kurang mampu. Jujur, tempat sampah yang dibuat sendiri, cukup unik dan menyita perhatiannya, hal ini sebut Cellica, perlu pengembangan di setiap desa dan kecamatan lainnya, sekaligus mensosialisasikan bahwa sampah juga bisa hasilkan uang. " Hal semacam ini inovatif, jadi mengundang masyarakat agar mau membuang sampah, sekaligus juga infaq," Ujarnya. 

Memang Kecamatan Tempuran juara dalam inovasi dan berkarya,terucap pula dari Bupati Karawang saat membuka program Paten pertama Kabupaten Karawang,di halaman Kantor kecamatan setempat.(red).

Show comments
Hide comments
Tidak ada komentar:
Write comment

BERITA TERBARU

Back to Top