Jumat, Februari 01, 2019

Cilamaya Wetan Rawan Angin Puting Beliung

 

PELITAKARAWANG.COM -  Masyarakat Kecamatan Cilamaya Wetan dan Karawang pada umumnya,  diminta tetap waspada ancaman angin Puting Beliung. Pasalnya, indikator panas yang menyengat dan di iringi gumpalan awan sebelum hujan, acapkali mengancam angin datang tiba-tiba. 

Oleh karena itu, Petugas Penanggulangan Bencana Dearah (P2B) Kecamatan Cilamaya Wetan Aan Susanto mewanti-wanti masyarakat agar jaga kewaspadaan.

" Cilamaya Kulon dan Cilebar sudah jadi sasaran, kita minta di cuaca ekstrem ini masyarakat bisa tetap waspada," Katanya.

Aan menambahkan, melihat indikator panas dan gumpalan awan, masyarakat wajar jika selalu cemas, karena faktor yang membuat angin kencang adalah di awan yang menggumpal, seperti di pengalaman Kecamatan Cilebar dan Cilamaya Kulon. Oleh karenanya, mengantisipasi lebih baik daripada musibah terlanjur datang. Karena, di Cilamaya ini, peluang bencana alam diakuinya cukup besar. Bukan saja angin puting beliung, tetapi juga ancaman banjir, longsor kali hingga kebakaran acapkali menjadi catatan setiap tahun . " Antisipasi itu lebih baik, ketimbang musibah terlanjur datang," Ujarnya.

Aan menambahkan, banjir dan longsor sering mewarnai musibah di Cilamaya, karena Kecamatan ini di apit oleh dua sungai besar yang dua-duanya juga merupakan wilayah hilir atau muara yaitu Kali Bawah dan Kali Cilamaya,  Sehingga, tanggul jebol selalu rawan terjadi setiap tahun, ini bisa menyasar pemukiman dekat pinggiran kali bisa banjir luapan sungai tersebut. 

Bahkan, lambat saja diantisipasi pembuatan tanggul di bantaran kali bisa membuat longsor. Oleh sebab itu, sebutnya, setiap faktor alam tetap harus dijaga kewaspadaan, karena BPBD selalu siaga berkoordinasi lintas kecamatan untuk menanggulangi setiap bencana dan ancaman yang mungkin saja terjadi. " Lambat terantisipasi saja, bencana itu bisa meluas, maka semuanya harus sigap," Ujarnya.

Show comments
Hide comments
Tidak ada komentar:
Write comment

BERITA TERBARU

Back to Top