Selasa, Februari 19, 2019

Delapan Puskesmas di Karawang Bakal Diakreditasi Tahun 2019

 

PELITAKARAWANG.COM.-Beberapa Puskesmas bersiap-siap digarap asesor Kementrian Kesehatan (Kemenkes) dalam program Akreditasi di bulan April mendatang. Sudah banyaknya Puskesmas yang di akreditasi dan bergelar Madya, sedikit menjadi gambaran untuk pemenuhan persyaratan dalam proses Akreditasi  Puskesmas yang rencananya di garap 8 unit tahun ini.

Kasubag TU Puskesmas Sukatani Syarifuddin mengatakan, akreditasi tahun ini akan dilakukan setelah ditahun sebelumnya Puskesmas belum sanggup digarap. Tapi, mau tidak mau, tahun ini tepatnya bulan April mendatang, harus siap di garap asesor untuk memenuhi standar layanan kesehatan di Puskesmas yang berlokasi di Dusun Kosambi Tengah Desa Sukatani ini. Pihaknya tidak sendiri, sebut Syarif, ada 7 Puskesmas lainnya juga akan menggelar kegiatan serupa yang semoga hasilnya bisa baik. Setidaknya, predikat yang di targetkan bisa di level Madya . " Tahun Kemarin belum siap, sekarang insya Allah April siap," Katanya.

Syarif menambahkan, karena sudah banyak yang akreditasi, jadi pemenuhan syarat dan gambaran tentang akreditasi di perolehnya dari Puskesmas lainnya, sambil belajar dan latihan agar saatnya nanti digarap asesor benar- benar tuntas sempurna persiapannya. Kalau fisik sebutnya, setidaknya sudah hampir sempurna, baik SDM, maupun ruangan - ruangan pelayanan, tapi memang Puskesmasnya ini masih belum DTP atau memiliki ruang perawatan, bahkan Poned juga belum ada. " Persiapan baru start, khususnya yang administrasi saat ini," Katanya.

Camat Cilamaya Wetan Drs H Hamdani mengatakan, proses akreditasi Puskesmas selalu membutuhkan personil dan juga koordinasi lintas sektor, salah satunya yaitu masyarakat dan Muspika. Oleh karenanya, ia mendukung upaya Puskesmas Sukatani untuk mendapatkan gelar akreditasi sesuai yang ditargetkan. " Kita dorong upaya Puskesmas dapat terakreditasi sehingga bisa meningkatkan pelayanan kesehatan lebih baik pada masyarakat ," Ujarnya.

Show comments
Hide comments
Tidak ada komentar:
Write comment

BERITA TERBARU

Back to Top