APBDes Tanggung Dana Musdes Pilkades

PELITAKARAWANG.COM - Pemkab Karawang, terbatas anggarkan hibah untuk penyelenggaraan Musyawarah Desa (Musdes) Pemilihan Kades Pergantian Antar Waktu (PAW) tahun 2019 ini. 

Tercatat,  Dua Desa yang sebelumnya sudah mmelayangkan laporan. Namun, Pelaksanaan Musdes nampaknya harus di gelar juga di beberapa desa yang Kepala Desanya meninggal dunia baru-baru ini.

Dikatakan Kasie Tata Kelola Pemerintahan Desa DPMPD Karawang, Andry Irawan, sebagaimana petunjuk pimpinan, pihaknya akan koordinasikan dulu kaitan penganggaran Bantuan Keuangan dengan Pemerintah Desa. 

Terakhir, adalah Desa Tanjungjaya Kecamatan Tempuran yang Kepala Desanya meninggal dunia." Soal anggaran dari Pemkab, kita akan koordinasikan dulu dengan pemerintah desa Tanjungjaya," Katanya.

Berdasarkan Permendagri Nomor 65 Tahun 2017 tentang perubahan atas Permendagri 112 tahun 2014 tentang pemilihan Kades, menyatakan bahwa Pilkades PAW dibebankan pada APBDes Desa, kemudian di Pasal 47A Permendagri 65 tahun 2017 dinyatakan bahwa Musdes dilaksanakan paling lama 6 bulan sejak  Kades di berhentikan. 

Sementara, Pemberhentian Kades itu ditetapkan oleh Bupati sebagaimana tertuang dalam Perda Nomor 14 tahun 2014 tentang desa. Hanya saja, sejauh ini pihaknya belum terima laporan BPD untuk proses selanjutnya. " Sebagaimana aturan dalam Permendagri, anggaran Pilkades PAW itu sebenarnya dibebankan kepada APBDes," Ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris Camat Tempuran, Komarudin mengaku pihaknya sudah melaporkan meninggalnya almarhum Kades Tanjungjaya kepada Pemkab. Oleh karena masa jabatannya berakhir 2 tahun lagi, memungkinkan Tanjungjaya akan ada Musdes Pilkades PAW seperti Jayanegara. 

Hanya, saja, sejauh ini roda pemerintahan di kendalikan sementara oleh Sekdes sebagai Pelaksana Harian (Plh), disamping juga persiapan pengisian jabatan sementara dengan status Pjs oleh PNS. " Sudah kita laporkan, insya Allah menunggu tindaklanjutnya," katanya. 

Diberdayakan oleh Blogger.