Ayo, Sekolah Siaga Bencana di Tempuran

PELITAKARAWANG.COM -  Pendidikan dan Latihan Sekolah Siaga Bencana (SSB) PMR SMAN 1 Tempuran kembali di gelar akhir pekan kemarin.  Kegiatan ini,  merupakan upaya membangun kesiapsiagaan sekolah terhadap bencana, baik individu maupun kelompok di lingkungan sekolah. Baik sebelum, saat dan sesudah bencana terjadi.

Pembina PMR SMAN 1 Tempuran, Sunarto mengatakan, SSB ini bertujuan membangun budaya siaga dan aman disekolah dengan mengembangkan jejaring bersama para pemangku kepentingan di bidang penanganan bencana. Kemudian, dengan giat ini, para anggota bisa meningkatkan kapasitas institusi sekolah dan individu dalam mewujudkan tempat belajar yang lebih aman bagi siswa, guru, anggota komunitas sekolah serta komunitas di sekeliling sekolah. "Kegiatan ini bertujuan untuk mengembangkan pengetahuan kebencanaan ke masyarakat luas melalui jalur pendidikan sekolah, " katanya.


Berdasarkan tujuan itu, sambunganya, PMR SMA Negeri 1 Tempuran melaksanakan ini selama 2 hari dengan 70 orang peserta PMR aktif kelas X dan XI.  

Materi yang diberikan sendiri, antara lain, teori mengenai manajemen bencana yang dilaksanakan di dalam ruangan, juga simulasi kedaan bencana yang langsung penanganannya di lapangan pasca bencana, diantaranya Asesment, PSP atau program psikososial yang berkaitan dengan penanganan pengungsi di penampungan, pembangunan Shelter, dapur umum, water rescue, simulasi umum evakuasi dan penanganan bencana. "Banyak materi yang di sampaikan dan di praktekan, semuanya tuntas dalam SSB ini," katanya.


Lebih jauh Sunarto menambahkan, instruktur dalam kegiatan ini sebanyak 12 orang, yang berasal dari Korps Relawan PMI Kabupaten Karawang di bawah pimpinan Bubun Gunawan, Bidang SDM Markas PMI Kabupaten Karawang. "Selama kegiatan di pandu 12 instruktur, Alhamdulillah semuanya berjalan lancar, " pungkasnya.

Tidak ada komentar