PELITAKARAWANG.COM.–  Jejaring media sosial kembali dihebohkan, dengan adanya video rekaman seorang ibu yang mengatakan bahwa Presiden Joko Widodo akan menghilangkan pendidikan agama di sekolah. 

Dirjen Pendidikan Islam Kementerian Agama, Kamaruddin Amin menegaskan, tidak mungkin pendidikan agama dihapus dalam kurikulum sekolah, apalagi madrasah. 

"Di negara seperti Inggris dan sejumlah negara Eropa Barat, bahkan pelajaran agama wajib di sekolah. Baik di sekolah yang diselenggarakan oleh pemerintah (public schools), apalagi di sekolah yang diselenggarakan oleh gereja (faith based schools)," kata Kamaruddin dalam keterangannya di Jakarta, Rabu 6 Maret 2019. 

"Apalagi di Indonesia, negara, bangsa yang dikenal sangat religius, mustahil pelajaran agama dianggap tidak penting, dan akan dihilangkan," ujar dia. 

Kamaruddin menuturkan, dalam empat tahun terakhir, Ditjen Pendidikan Islam Kemenag, justru terus berupaya meningkatkan akses dan mutu pendidikan agama dan keagamaan. 

Banyak program afirmatif yang dilakukan. Keberadaan Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN IC) misalnya, sebagai madrasah unggulan, terus dikembangkan hingga jumlahnya semakin banyak dan tersebar di berbagai provinsi.

"Pesantren salafiyah dan ma'had aly (perguruan tinggi di pesantren) juga kita rekognisi dalam bentuk penyetaraan atau muadalah. Pemerintah juga siapkan RUU Pesantren, untuk memberikan afirmasi dan rekognisi, bahkan fasilitasi pada tradisi dan kekhasan keilmuan di pesantren," kata dia. 

Dia menjelaskan, sejauh ini sarana prasarana Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) maju pesat. 58 PTKIN, semuanya memiliki gedung perkuliahan baru.. 

Intinya, kata dia, penguatan pendidikan agama dan keagamaan, telah banyak dilakukan Kemenag. Tidak hanya fisik, penguatan itu juga dilakukan  pada aspek pengembangan SDM (beasiswa), kurikulum maupun penguatan proses belajar mengajar.

"Saya justru optimis, pendidikan agama ke depan di Indonesia, akan semakin kuat dan berkualitas," ucap dia. (asp).